Mahasiswa FKM UTU Edukasi Siswa SD Cuci Tangan

oleh -453 views
PhotoPictureResizer 191016 153505896 crop 1152x691
Siswa sekolah dasar di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menempelkan cap tangan pada peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, yang dilaksanakan mahasiswa FKM UTU di SD IT Teuku Umar, Selasa 15 Oktober 2019. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Teuku Umar (UTU) memberikan edukasi cuci tangan pakai sabun kepada siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Teuku Umar Meulaboh.

Kegiatan Clean Hand For All yang dilaksanakan, Selasa, 15 Oktober 2019 tersebut dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia (Global Handwashing day).

Loading...

Arfah Husna, dosen FKM UTU yang mendampingi kegiatan tersebut mengatakan, aksi ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran kebersihan sejak dini. Terutama tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun sebelum makan, setelah bermain, setelah dari kamar mandi, setelah menyentuh gagang pintu, memindahkan sampah atau setelah mengambil sesuatu.

Dalam pelaksanaan kegiatan, Husana mengatakan, pihaknya menggunakan metode edukasi lewat media nyanyian. Selain itu juga membuat kesepakatan dengan siswa untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan menempelkan cap telapak tangan di atas kain putih.

PhotoPictureResizer 191016 153614688 crop 937x567
Mahasiswa FKM UTU mencuci tangan siswa SD di Meulaboh, Aceh Barat pada peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Selasa 15 Oktober 2019. FOTO: BASAJAN.NET/ISTIMEWA.

Husna menyampaikan, salah satu cara mencegah perpindahan kuman penyebab infeksi, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir harus dibiasakan.

Menurutnya, tanpa mencuci tangan dengan sabun, kuman yang ada di kulit tangan atau sela kuku dan jari, akan tetap menempel dan berpindah ke bagian tubuh yang lain. Seperti mulut, menempel di sekitar hidung atau mata.

“Cuci tangan adalah cara paling mudah untuk menghentikan penularan dan penyebaran berbagai penyakit,” ungkapnya. []

 

EDITOR: RAHMAT TRISNAMAL

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *