Jamaah Calon Haji Aceh Barat Dilatih Gerakan Senam Haji

oleh -38 views
Jamaah calon haji (JCH) Aceh Barat dilatih gerakan senam haji, Ahad 28 April 2024. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Aceh Barat dilatih gerakan senam haji. Senam tersebut dilakukan serentak di seluruh Indonesia, Ahad 28 April 2024.

Di Aceh Barat, senam haji berlangsung di aula Kantor Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kankemenag Aceh Barat, Jakfar mengatakan, senam haji tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan kebugaran dan melatih otot jamaah haji, terutama bagi jamaah lanjut usia (lansia) agar mampu melaksanakan ibadah haji dengan baik.

Senam haji diluncurkan secara perdana pada penyelenggaraan haji tahun ini sebagai bentuk istithaah kesehatan bagi jamaah. Selain senam haji, Kementerian Agama juga meluncurkan peragaan Batik Haji Indonesia terbaru.

Peluncuran senam haji dan peragaan batik haji Indonesia dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Prof Muhammad Ali Ramdhani.

Muhammad Ramdhani mengatakan, tahun ini Kementerian Agama kembali mengusung tagline #ramahlansia. Tahun ini jamaah haji Indonesia mencapai 241 ribu jamaah, 45 ribu jamaah diantaranya termasuk di dalam kategori lanjut usia (lansia).

Pada pelaksanaan haji tahun 2023, lebih dari 770 jamaah haji Indonesia wafat ketika melaksanakan haji. Jumlah tersebut merupakan jumlah terbanyak dalam sepuluh tahun terakhir.

Hal tersebut menjadi konsen Kementerian Agama untuk mewujudkan jamaah haji berangkat dalam keadaan sehat, dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik, dan pulang ke tanah air dalam keadaan sehat.

Muhammad Ramdhani menjelaskan, sebagai ikhtiar, Kementerian Agama menjadikan istithaah kesehatan sebagai syarat pelunasan biaya haji. Selain itu senam haji juga bagian dari ikhtiar untuk menjaga kesehatan jamaah. Gerakan senam haji low impact, disusun berdasarkan kajian dan penelitian dari pakar kesehatan agar dapat diterapkan jamaah haji di seluruh indonesia.

Ia berharap, gerakan senam haji dapat dipraktekkan oleh jamaah secara rutin dalam menjaga kesehatan kebugaran dari jamaah.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.