Rektor UIN Ar-Raniry: Aceh Sedang Tidak Baik-baik Saja

oleh -4,979 views
Rektor UIN Ar-Raniry: Aceh Sedang Tidak Baik-baik Saja
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Mujiburrahman saat mengukuhkan 357 lulusan guru profesional pada Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG), di Aula Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh, Sabtu, 4 November 2023. (BASAJAN.NET/NAT RIWAT).

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Mujiburrahman menegaskan, kondisi Aceh saat ini sedang tidak baik-baik saja, terutama di bidang pendidikan.

Karenanya, diperlukan perhatian khususnya dari para guru sebagai pendidik, untuk memperbaiki permasalahan internal di lingkungan sekolah.

Hal itu disampaikan Mujiburrahman saat mengukuhkan 357 lulusan guru profesional pada Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Dalam Jabatan Batch 1 tahun 2023. 

Pengukuhan dilakukan di Aula Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh, Sabtu, 4 November 2023.

Menurut Mujib, hari ini ada masalah internal yang terjadi di lingkungan sekolah. Dimana anak-anak hari ini, sejak MIN/SD dan seterusnya, sudah terbiasa melihat situs porno di HP milik orang tuanya.

“Kondisi ini perlu perhatian bapak ibu ketika kembali ke sekolah masing-masing tempat bekerja,” pesan Mujib.

Lebih lanjut, Mujib menyampaikan, saat ini terdapat fenomena baru terkait pertumbuhan anak-anak. Dimana tumbuh kembangnya tidak paralel antara pertumbuhan fisik dengan akal. 

Untuk itu, ia menekankan, agar guru tidak hanya menjadi pengajar dan pentransfer ilmu pengetahuan saja, namun juga harus memperhatikan pembinaan akal, dan karakter bagi anak didik.

“Pembinaan aqil baligh kepada anak-anak harus menjadi prioritas di sekolah-sekolah, karena proses pendewasaan mereka lebih cepat, sementara akal mereka masih anak-anak,” ungkap Mujib.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Aceh,  Azhari dalam sambutannya berpesan, agar lulusan PPG yang dikukuhkan untuk meningkatkan kinerja, kualitas dan profesionalitas.

“Karena dengan tiga hal itu pendidikan di sekolah dan madrasah akan lebih baik,” pesannya.

Sebanyak 357 lulusan yang dikukuhkan pada kegiatan tersebut terdiri dari 301 peserta luar jaringan (luring) dan 56 peserta dalam jaringan (daring).[]

==============

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.