Daftar Pemilih Berkelanjutan Aceh Barat Berkurang 298 Orang

oleh -170 views
daftar pemilih berkelanjutan aceh barat
Rapat pleno terbuka pemutakhiran DPB di Rumah Pintar Pemilu KIP Aceh Barat, Rabu, 5 Agustus 2020. (BASAJAN.NET/ARISKI SEPTIAN).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat merilis data terbaru Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode Juli 2020. Data tersebut menunjukkan, adanya penurunan DPB sebanyak 298 orang.

Hal itu sebagaimana disampaikan dalam rapat pleno terbuka pemutakhiran DPB di Rumah Pintar Pemilu KIP Aceh Barat, Rabu, 5 Agustus 2020. Rapat pleno tersebut dihadiri Panwaslih Aceh Barat dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Loading...

Ketua KIP Aceh Barat, T. Novian Nukman mengatakan, penurunan DPB dikarenakan adanya pemilih yang meninggal dunia dan tidak memenuhi syarat lainnya, sehingga harus dihapus dari daftar pemilih.

Novian merincikan, hingga Juli 2020, DPB Aceh Barat berjumlah 133.633 pemilih. Dengan rincian, 66.309 laki-laki dan 67.330 perempuan, yang tersebar di 12 kecamatan.

Ia menyampaikan, selama proses pemutakhiran DPB, KIP Aceh Barat rutin melakukan koordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten Aceh Barat. Hal ini dikarenakan, selama pandemi KIP Aceh Barat memiliki keterbatasan untuk melakakuan pendataan langsung ke lapangan.

“Untuk sosialisasi juga dilakukan terus menerus melalui media sosial dan media publikasi lainnya,” sebutnya.

Sementara itu, anggota Panwaslih Aceh Barat, Marzalita memberikan apresiasi kepada KIP dalam upaya pemutakhiran data pemilih.

Ia berharap, KIP Aceh Barat konsisten untuk melakukan kolaborasi antar lembaga sebagaimana yang dilakukan selama bersama Disdukcapil.

Marzalita menyarankan, untuk DPB berikutnya, pemutakhiran data dapat dilakukan dengan turun langsung ke gampong. Selain itu, juga meningkatkan koordinasi dengan pihak kecamatan, sehingga DPB menjadi lebih akurat.[]

 

 

WARTAWAN: ARISKI SEPTIAN

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *