‘Berjuang Untuk Seimbang’ Sebuah Catatan Inspirasi Eka Srimulyani

oleh -289 views
berjuang untuk seimbang
FOTO: BASAJAN.NET/DOK. BANDAR PUBLISHING.

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Bandar Publishing kembali menerbitkan buku terbaru dari penulis Aceh. Kali ini, penerbit asal Aceh itu merilis buku bergenre inspirasi dan motivasi “Berjuang Untuk Seimbang: Catatan Sederhana Tentang Keluarga dan Kerja”.

Buku karya Eka Srimulyani itu resmi diluncurkan oleh ICAIOS, secara virtual melaui aplikasi zoom, ikut disiarkan secara langsung di channel Youtube labpsa, dari kantor ICAIOS Banda Aceh, Sabtu, 27 Juni 2020.

Loading...

Eka Srimulyani merupakan guru besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Menamatkan pendidikan magister di Leiden University, Belanda dan menyelesaikan doktoral di University of Technology Sydney, Australia. Menjadi guru besar pada usia 37 tahun. Sebelumnya, Eka juga telah menghasilkan sejumlah buku yang diterbitkan oleh penerbit luar negeri.

“Berjuang Untuk Seimbang: Catatan Sederhana Tentang Keluarga dan Kerja” merupakan buku pertama Eka Srimulyani dalam bahasa Indonesia, dengan genre inspirasi dan motivasi.

Buku ini mengisahkan tentang perjuangan dirinya dalam dunia kerja dan keluarga. Pengalaman-pengalaman yang disuguhkan secara naratif, dapat memotivasi pembaca. Sebagai seorang istri dan ibu dari dua putri, ia terus berjuang untuk seimbang.

“Perjuangan itu memang tidak pernah mudah, namum apa pun tantangannya kita tetap harus berusaha dan tidak boleh meyerah,” tulis Eka di halaman pembuka bukunya.

Menjadi perempuan, bekerja di luar rumah, akademisi yang aktif, terlibat dalam kegiatan pemberdayaan sosial, mengurus rumah tangga, sering ditempatkan pada posisi paradoks. Seolah semuanya harus berjalan sendiri dan tidak mungkin berdampingan dalam harmoni.

Buku ini mencoba memotret sebuah sisi dan dinamika tersendiri dari kehidupan kerja dan keluarga. Menjadi perempuan, berpendidikan tinggi, sukses di dunia akademik, terlibat dalam gerakan sosial dan pemberdayaan masyarakat dan menjalani kehidupan rumah tangga yang harmonis, bukan suatu yang mustahil, walau juga bukan sesuatu yang mudah.

Manager Bandar Publishing, Masyitah mengatakan, Bandar Publishing ikut bahagia dapat berkontribusi dalam produksi dan penerbitan buku tersebut.

Menurut Masyitah, sudah saatnya, para guru besar di perguruaan tinggi turun gunung, menghadirkan buku-buku ringan berkualitas dengan genre motivasi dan inspirasi bagi generasi Aceh.

“Berjuang Untuk Seimbang: Catatan Sederhana Tentang Keluarga dan Kerja, untuk memberi motivasi dan inspirasi bagi pembaca,” ujarnya.

Masyitah menyampaikan, produksi ilmu pengetahuan di Aceh tidak kurang. Namun, kehadiran buku-buku inspirasi dan motivasi secara tertulis dari ilmuwan-ilmuwan Aceh secara ringan, masih sedikit.

“Kami berkeyakinan, buku ini salah satu cara memberikan spirit positif baru bagi generasi perempuan Aceh,” lanjutnya.

Ia menambahkan, Bandar Publishing memiliki komitmen jangka panjang untuk menghadirkan bacaan-bacaan ringan yang inspiratif bagi anak-anak sekolah dan mahasiswa Aceh.

Peluncuran buku yang dimoderatori Dian Rubianty dari ICAIOS itu, menghadirkan sejumlah tokoh sebagai pembicara, yaitu Sher Banu AL Khan dari NUS Singapore, Al Yasa’ Abubakar dan Yusny Saby dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh.[]

 

Identitas Buku:

Judul: Berjuang Untuk Seimbang: Catatan Sederhana tentang Keluarga dan Kerja. Penulis: Eka Srimulyani. Editor: Sehat Ihsan Shadiqin. Desain/Layouter: Pratitou Arafat. Hal: xx + 215. Ukuran: 14 × 21 cm. ISBN: 978-628-7936-09-1. Penerbit: Bandar Publishing. Cetak: Percetakan Bandar.

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *