Meulaboh Tuan Rumah SAFA 2023

oleh -155 views
Fotografer Aceh melakukan foto bersama pada ajang Silaturahmi Akabar Fotografer Aceh (SAFA) yang diselenggarakan di Sigli, Kabupaten Pidie, pada Sabtu, 19 Maret 2022. (BASAJAN.NET/Dok. SAFA)

BASAJAN.NET, Pidie– Meulaboh dipastikan menjadi tuan rumah pelaksanaan Silaturahmi Akbar Fotografer Aceh (SAFA) tahun 2023. Penunjukan tersebut berdasarkan hasil keputusan Aceh Photo Club (APC) dalam SAFA yang diselenggarakan di Sigli, Kabupaten Pidie, Sabtu, 19 Maret 2022.

Ketua Harian Aceh Photo Club (APC), Rozi Pamella menjelaskan, SAFA merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan seluruh Fotografer Aceh di kabupaten/kota, setiap daerah akan mendapatkan giliran menjadi tuan rumah.

“Pada tahun ini dipercayakan kepada Kabupaten Pidie, dan untuk tahun 2023 akan dilaksanakan di Meulaboh,” ungkapnya.

Penunjukan Meulaboh sebagai tuan rumah, berdasarkan permintaan dari Komunitas Photographer Meulaboh (Phogam). Selain itu, yang menjadi pertimbangan utama penunjukan Meulaboh sebagai tuan rumah karena Phogam dinilai selama ini cukup aktif, bahkan tidak pernah absen mengadakan event tahunan di daerah.

“Kami menilai Phogam sebagai komunitas yang siap sebagai penyelenggara tahun depan,” ujarnya.

Rozi menceritakan, pembentukan SAFA berawal pada tahun 2012 di Kota Banda Aceh, saat itu masih diberi nama Hunting Akbar Fotografer Aceh (HAFA). Kemudian pada tahun 2015, terjadi pergantian nama dari HAFA menjadi SAFA.

Pada 2016, tahun perdana SAFA diselenggarakan di luar kota Banda Aceh, yaitu di Aceh Tamiang bersama dengan komunitas Royall Official, pesertanya berjumlah 285 orang. Kemudian tahun 2018, kembali dilaksanakan di Kota Banda Aceh, karena ada daerah yang belum siap untuk menerima tongkat estafet.

Tahun 2019, SAFA kembali melaksanakan kegiatan di luar kota Banda Aceh, tepatnya di Kabupaten Bireuen, bersama teman-teman komunitas Phobiacommunity. Peserta yang hadir lebih dari 500 orang.

“Sempat terhenti karena pandemi. Barulah tahun 2022, diserahkan kepada Fotografer Pidie yaitu PPC Aceh sebagai pelaksana sekaligus tuan rumah kegiatan SAFA ke-8,” jelasnya antusias.

Sementara itu, Ketua Phogam, Kas Irwan mengungkapkan, Meulaboh siap menjadi tuan rumah pada ajang silaturrahmi seluruh fotografer yang ada di Aceh. Menurutnya, hal itu merupakan suatu amanah yang harus dilaksanakan.

“Apalagi ini kali pertama dilaksanakan di Barat Selatan Aceh (Barsela),” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut mampu menguatkan tali silaturrahmi antar fotografer, saling berbagi pengalaman dan tukar pikiran, serta menjadi ajang diskusi terkait dengan perkembangan dunia fotografi.

Kas Irwan menambahkan, di ajang bergengsi itu pihaknya juga berkesempatan mengenalkan wilayah Meulaboh yang tidak kalah indahnya dengan daerah lain.

“Kita punya pantai yang indah, kita juga punya pegunungan yang akan memanjakan mata para tamu,” sebutnya.

Ia berpesan, kepada seluruh fotografer yang ada di Aceh, untuk hadir dan ikut berpartisipasi dalam menyukseskan SAFA 2023. Tanggal dan jadwal penyelenggaraan akan diinfokan kemudian hari.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.