UTU Gelar Expo Kewirausahaan Produk Mahasiswa

oleh -1.398 views
PhotoPictureResizer 191116 181621953 crop 1280x736
Expo Kewirausahaan IBT-UTU 2019. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Guna mendorong semangat wirausaha di kalangan mahasiswa, Universitas Teuku Umar Meulaboh menggelar Expo Kewirausahaan IBT-UTU 2019, di pekarangan kampus setempat. Kegiatan tersebut sekaligus untuk mempersiapkan para mahasiswa berdaya saing di era industri 4.0.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menjawab tantangan perkembangan zaman, juga selaras dengan salah satu program Ditjen Belmawa Kemendikbud,” ujar Kepala Bagian Umum Ditjen Belmawa Kemendikbud, Syahril Chaniago, pada pembukaan expo, Kamis, November 2019.

Loading...

Expo yang berlangsung hingga 16 November 2019 tersebut, turut memamerkan produk-produk bisnis karya mahasiswa.

Syahril mengatakan, di era revolusi industri 4.0, sangat penting membangun karakter bisnis atau entrepreunership mahasiswa. Agar mereka memiliki kesadaran mengubah budaya ‘mencari kerja’ menjadi ‘menciptakan kerja’ dan ‘lapangan kerja’. 

“Spirit enterprenuer harus ada di dalam diri mahasiswa,” tekannya. 

Untuk mendukung kewirausahaan mahasiswa, kata Syahril, Kemendikbud telah membuat program kompetisi bisnis mahasiswa Indonesia (KBMI), sebagai wadah untuk mempraktikkan ilmu dan keterampilan berwirausaha yang sudah didapat oleh mahasiswa melalui pemberian modal.  

Adapun tujuan KBMI yaitu, menumbuhkan karakter wirausaha, menumbuh-kembangkan wirausaha baru kreatif yang inovatif berbasis teknologi. Serta membantu mahasiswa dalam menentukan keunikan bisnis berbasis teknologi, dengan menemukan celah pasar yang tepat untuk meningkatkan peluang keberhasilan bisnis.

Menurut Syahril, sebagai generasi milenial dan generasi penerus bangasa, penting bagi mahasiswa untuk menjadi sumber daya berkualitas. Di samping memiliki rasa tanggung jawab sosial yang tinggi. Salah satunya, dapat dibangun melalui karkater entrepreneurship. 

“Mahasiswa di era revolusi industri 4.0 adalah kaum muda dengan kompetensi akademik yang baik, berjiwa entrepreneur, dan menguasai future skills (soft & hard skills) sebagai modal kompetensi diri,” jelasnya.

Rektor UTU Jasman J. Ma’ruf menyampaikan, ekpo kewirausahaan IBT-UTU barus bisa menjembatani mahasiswa sebagai enterprenuer muda dalam memajukan perekonomian bangsa.

Menurutnya, saat ini pembinaan wirausaha menjadi fokus UTU dalam menggembleng mahasiswa. UTU berkeunginan tidak hanya mencetak mahasiswa yang memiliki kualitas intelektual semata, tapi juga dibarengi dengan kemampuan berwirausaha.

“Melalui wirausaha, kami ingin mencetak mahasiswa yang kreatif dan memiliki nilai juang tinggi di masyarakat. IBT sebagai lokomotif bagi mahasiswa dalam mengembangkan inovasi bisnis,” ujarnya.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *