Tracer Study Penting untuk Petakan Alumni di Dunia Kerja

oleh -168 views
Tracer Study Penting untuk Petakan Alumni di Dunia Kerja
Sekretaris Pusat Karir dan Pelacakan Alumni Universitas Teuku Umar (UTU), Hamdani. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA).

BASAJAN.NET, Tapaktuan- Keberadaan alumni tak dapat dipisahkan dari perkembangan satu pergruan tinggi. Karenanya, penelitian mengenai situasi alumni, khususnya dalam hal pencarian kerja, situasi kerja dan pemanfaatan kompetensi yang didapat selama kuliah di kampus, harus dilakukan dengan baik.

“Sehingga kita memiliki peta yang jelas kebergunaan alumni bagi masyarakat,” ujar Sekretaris Pusat Karir dan Pelacakan Alumni Universitas Teuku Umar (UTU), Hamdani.

Loading...

Hal itu disampaikan Hamdani pada finalisasi laporan evaluasi diri dan laporan kinerja program studi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UTU, di Hotel Dian Rana, Tapaktuan, Aceh Selatan, Jumat, 6 November 2020.

Menurut Hamdani, di negara-negara maju, studi pelacakan (tracer study) jejak alumni merupakan hal utama yang dilaksanakan secara sistematis, institusional dan terus menerus.

“Maka tidak heran jika perguruan tinggi di negara maju, diakui relevansi keberadaannya karena mereka terus-menerus melakukan evaluasi diri, antara lain melalui tracer study,” terangnya.

Ia menyampaikan, selain bermanfaat bagi perguruan tinggi, tracer study juga dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia kerja. Sehingga dengan adanya tracer study dapat membantu mengatasi kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya.

“Bagi kampus, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran,” paparnya.

Hamdani menambahkan, selama ini Fisip UTU telah membuat model peta tracer study yang dapat dicontoh oleh fakultas lainnya di kampus itu. Pihaknya juga senantiasa terbuka untuk bekerjasama dengan pihak fakultas dalam melakukan praktik Tracer study.

“Mulai dari mengadakan pelatihan, pelacakan dan analisis data, yang nantinya bisa dipakai untuk keperluan akreditasi dan lainnya,” katanya.[]

 

 EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *