Peringati Hari Santri Penulis Aceh Gratiskan Buku

oleh -640 views
PhotoPictureResizer 191022 105554326 crop 1280x768
Ummi Habibatul Islamiyah, berpose dengan buku ‘Selesai Kuliah dengan Mendeley, Panduan Hebat Menulis Karya Ilmiah!’ (BASAJAN.NET/ISTIMEWA).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Memperingati Hari Santri Nasional (HSN), penulis asal Aceh Rahmat Saputra, menggratiskan buku terbarunya yang berjudul ‘Selesai Kuliah dengan Mendeley, Panduan Hebat Menulis Karya Ilmiah!’

Buku kesembilan Rahmat Saputra tersebut, merupakan hasil kolaborasi dirinya dengan sang istri, Ummi Habibatul Islamiyah, yang dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Aceh Barat.

Loading...

Rahmat merupakan alumni Pondok Pesantren Dayah Darul Hikmah Islamiyah Aceh Barat. Pesantren pertama di Barat-Selatan Aceh yang terintegrasi dengan pendidikan tinggi.

Ia bersyukur buku tersebut dapat terbit bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2019. Kehadiran buku tersebut sekaligus sebagai wujud eksistensi dan peran santri sebagai inspirasi bagi perdamaian dunia.

“Atas dasar itu, saya menggratiskan buku ‘Selesai Kuliah dengan Mendeley, Panduan Hebat Menulis Karya Ilmiah!,” ujarnya.

Buku yang dijual seharga Rp.70.000, itu akan digratiskan selama tiga hari sampai 25 Otober 2019.

Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo ini menjelaskan, buku ‘Selesai Kuliah dengan Mendeley’ membahas tentang bagaimana menulis karya ilmiah dengan baik menggunakan software Mendeley. 

“Dengan menggunakan Mendeley, kita bisa memiliki perpustakaan pribadi dalam bentuk virtual, mencari referensi dengan mudah dan membuat daftar pustaka otomatis,” ungkap mahasiswa doktoral Malaysia ini.

Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini mengatakan, buku tersebut sangat cocok dibaca oleh mahasiswa, dosen dan siapa saja yang ingin menulis karya ilmiah.

Buku ini diluncurkan dalam format digital pada 22 Oktober 2019, pukul 22.00 WIB. Nantinya, buku ini juga dapat dibaca oleh pengguna Google Play Books dan Google Books di lima Negara. Indonesia, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam dan Singapura. 

Untuk mengaksesnya, cukup buka Google Play Books dan Google Books dengan kata kunci “Selesai Kuliah Mendeley” atau melalui link rahmatsaputra.com/ok.

Kehadiran buku tersebut mendapat sambutan positif dari kalangan akademisi di Aceh Barat. Buku tersebut memiliki nilai akademis yang cocok digunakan dalam menulis karya ilmiah sesuai standar yang ditentukan.

“Metodologi penulisan yang bagus akan menghasilkan karya bagus pula. Dengan menggunakan Mendeley, membuat karya ilmiah menjadi lebih mudah, terstruktur, kutipan jelas dan daftar pustaka pun bisa tercatat dengan rapi, tidak ada yang tertinggal ketika referensi tersebut dikutip,” ujar Rektor Universitas Teuku Umar, Jasman J Ma’ruf.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *