Mentor Basajan Raih Anugerah Pemerintah Aceh

oleh -848 views
Mellyan menerima Anugerah Aceh Hebat 2019 dari Asisten II Pemerintah Aceh Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Teuku Ahmad Dadek, Jumat 20 Desember 2019, di ruang serbaguna Sekretariat Daerah Pemerintah Aceh. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Mentor Basajan Creative School (BCS), sekaligus editor Basajan.net, Mellyan, meraih anugerah dari Pemerintah Aceh. Ia memperoleh juara harapan pada perlombaan Aceh Hebat 2019, kategori citizen jurnalis. Penghargaan diserahkan di ruang sebaguna Sekretariat Daerah Aceh, Banda Aceh, Jumat 20 Desember 2019, sore.

Mellyan meraih juara harapan atas artikelnya yang berjudul Aceh “SIAT” untuk Sikapi Era Disrupsi. Artikel tersebut menjelaskan tentang kesiapan Pemerintah Aceh dalam menghadapi era disrupsi dan industri 4.0, dengan penerapan Sistem Informasi Aceh Terpadu (SIAT).

Loading...

“Alhamdulillah dan terimakasih atas dukungan semua pihak,” ujar Mellyan yang juga dosen STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Baca Juga: Aceh SIAT untuk Sikapi Era Disrupsi

Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah mengatakan, Anugerah Jurnalistik Aceh Hebat 2019 merupakan kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Aceh dengan melibatkan peran serta para jurnalis. Ajang tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada jurnalis yang telah memiliki kepedulian dan minat dalam menyiarkan informasi tentang berbagai program Pemerintah Aceh.

Anugerah jurnalistik Aceh Hebat 2019 merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Aceh dengan melibatkan peran serta para jurnalis. Ajang ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada jurnalis yang telah memiliki kepedulian dan minat dalam menyiarkan informasi tentang berbagai program pemerintah Aceh. 

Selain itu, kegiatan tersebut juga menjadi ajang unjuk kebolehan para jurnalis, sekaligus menjadi sarana pemacu profesionalitas para jurnalis dalam menyajikan informasi yang komprehensif, berdasarkan pada keakuratan fakta dan data. 

“Lomba terbuka untuk seluruh jurnalis/citizen jurnalis di Indonesia,” ujar Taqwallah.

Ketua Panitia, Saifullah Abdulgani menjelaskan, ada dua kategori yang dilombakan pada Anugerah Jurnalistik Aceh Hebat 2019, yaitu penulisan dan fotografi. Masing-masing kategori terbuka untuk jurnalis dan citizen jurnalis (umum). 

Saifullah mengatakan, sejak dibuka penerimaan karya, pada 7 Juli hingga 15 Oktober 2019, pihaknya menerima 94 karya dari 77 peserta, dari Aceh maupun luar Aceh. Seluruh karya peserta dinilai dewan juri yang berkompeten, baik di dunia jurnalistik maupun fotografi.

Ia menyebutkan, ada 32 pemenang dengan total hadiah Rp120 juta. Untuk tiap kategori, dipilih juara satu, dua, tiga, ditambah lima nominator.

Adapun pemenang karya tulis kategori jurnalis, juara satu diraih Nazar Ahadi dari AJNN, juara dua Zulkarnaini Masri dari Harian Kompas dan juara tiga Azhari Usman dari Penapost.com.

Kemudian, pemenang karya tulis kategori citizen jurnalis (umum), juara satu diterima Hayatullah Pase, juara dua Liza Fathiarini, dan juara tiga diraih oleh Ismawardi. Selanjutnya, untuk pemenang karya foto cerita kategori jurnalis, juara pertama didapatkan oleh M. Anshar dari Serambi Indonesia, juara dua Irwansyah Putra dari Antara Foto dan juara tiga Eno Sunarno dari Rakyat Aceh.

Sementara untuk pemenang karya foto cerita, kategori citizen jurnalis (umum), juara pertama diberikan kepada Irwandi, juara dua Khalis Surry dan juara tiga Abdul Hadi Firsawan.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *