KONI Aceh Minta Pengprov Cetak Wasit Berlisensi

oleh -68 views
Ilustrasi: Pixabay

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh meminta kepada Pengurus provinsi (Pengprov) cabang olahraga di Aceh untuk dapat mencetak wasit berlisensi.

Hal tersebut sebagai persiapan agar dapat memimpin pertandingan saat Aceh bersama Sumatera Utara (Sumut) menjadi Tuan Rumah PON XX Tahun 2024 mendatang.

“Pelatihan ini adalah kesempatan yang sangat baik,” kata Wakil Ketua KONI Aceh Bachtiar Hasan. Hal itu disampaikan Bachtiar Hasan saat mewakili Ketua Umum KONI Aceh untuk membuka Pelatihan Wasit Rugby se-Aceh di Banda Aceh, Senin 7 Maret 2022. 

Bachtiar mengingatkan, menjadi wasit profesional tidak cukup dengan hanya mengikuti satu atau dua kali pelatihan, dan berhenti belajarnya setelahnya. Namun dibutuhkan penambahan wawasan melalui buku-buku panduan dan pengalaman memimpin pertandingan.

“Tidak hanya level nasional, kita juga berharap para wasit Aceh juga bisa berkiprah di ajang Internasional seperti Sea-Games dan Asian Games,” tambah Bachtiar.

Sementara itu, Ketua Umum Rugby Aceh PP Andry Agung menjelaskan, pelatihan yang digelar hingga 10 Maret 2022 tersebut merupakan kerjasama antara Dispora Aceh, PB Rugby Indonesia dan Pengprov Rugby Aceh. Pelatihan diikuti oleh 48 peserta yang berasal dari unsur Pengcab Rugby kabupaten/kota, Club Rugby dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). 

Pelatihan wasit Lisensi C ini merupakan kali pertama dilakukan di Aceh. Dari hasil pelatihan nantinya akan terpilih yang terbaik untuk mengikuti pelatihan Lisensi B di tingkat nasional pada Agustus mendatang.

Adapun pemateri pelatihan tersebut diantaranya, Fikri Al Azhar yang merupakan Wasit World Rugby Level II Internasiona sekaligus Senjen PB Rugby Indonesia. Para peserta akan dibahani dengan materi Rugby Values, Rugby Law, Teknik dasar memimpin pertandingan, serta praktek lapangan.

Selain itu, Andry Agung menjelaskan, Rugby merupakan salah satu cabang yang nantinya akan dipertandingkan pada PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut, dimana Rugby telah ditetapkan dipertandingkan di Aceh. Pada debut di PON XX Tahun 2021 lalu di Papua, Rugby Aceh berhasil meraih medali perunggu.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.