Guru MAN 1 Aceh Besar Dibekali Penulisan Karya Ilmiah

oleh -61 views
Guru MAN 1 Aceh Besar Dibekali Penulisan Karya Ilmiah
Ilustrasi penulisan (Pixabay/ viarami )

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Sejumlah guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Aceh Besar dibekali penulisan karya ilmiah, Sabtu, 9 Oktober 2021. Workshop tersebut sebagai upaya mendukung literasi sekolah dan meningkatkan kemampuan guru dalam bidang penulisan.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian pengabdian masyarakat yang dilaksanakan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah (FKIP-USM) Aceh.

Koordinator kegiatan, Nurul Azmi mengatakan, tujuan inti dari workshop itu, untuk menambah wawasan dan memotivasi guru dalam menulis karya ilmiah yang baik dan mempublikasikannya.

“Guru harus memberikan pemahaman dan keteladanan dalam bidang literasi kepada siswanya,” ungkap Nurul.

Kegiatan tersebut diikuti 50 peserta dan dihadiri seluruh ketua program studi yang ada di lingkungan FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menghadirkan Dian Aswita dan Ridwan sebagai pemateri.

Selain itu, pengabdian dosen dan mahasiswa itu juga diisi dengan beberapa kegiatan lainnya, seperti sosialisasi beasiswa, tata cara masuk perguruan tinggi, menggali potensi diri sebelum memilih program studi di perguruan tinggi, serta melakukan penanaman pohon di area pengabdian.

Dekan FKIP USM, Jalaluddin mengatakan, kegiatan yang mengusung tema “implementasi merdeka belajar kampus merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran” tersebut, sebagai upaya untuk mendukung tercapainya pendidikan dan pembelajaran yang baik dan bermutu.

Menurut Jalaluddin, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, perlu adanya transfer ilmu dan berbagi pengalaman sesama tenaga pendidik.

“Ini sebagai upaya mendukung tercapainya tujuan pendidikan,” ujarnya.

Jalaluddin menyampaikan, pengabdian dosen dan mahasiswa ini untuk membentuk sikap kepedulian sosial, tanggungjawab dosen dan mahasiswa terhadap masyarakat, serta upaya membina mahasiswa untuk menjadi inovator, motivator dan penyelesai masalah.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Aceh Besar, Arjuna mengapresiasi kegiatan tersebut dalam upaya meningkatkan kompetensi para guru, khususnya untuk menulis dan memublikasi karya ilmiah.

Menurutnya, perguruan tinggi dengan berbagai pengalamannya harus mampu mentransfer ilmu kepada masyarakat. Terlebih di era teknologi yang terus berkembang, yang mengharuskan setiap orang untuk memperbaharui informasi setiap detiknya, jika tidak maka kita terus tertinggal.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara FKIP USM dan MAN 1 Aceh Besar.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.