UTU Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di Subulussalam dan Singkil

oleh -1.476 views
IMG 20191218 WA0022
Universitas Teuku Umar (UTU) melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 di Kabupaten Aceh Singkil, Rabu 18 Desember 2019. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Universitas Teuku Umar (UTU) melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, di Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam.

Sosialisasi berlangsung di SMA Unggul Subulussalam dan SMA Gunung Meriah Singkil, 18-19 Desember 2019.

Loading...

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTU, Mursyidin, sekaligus ketua tim sosialisasi mengatakan, sosialisasi ini merupakan program rutin Kemendikbud setiap tahun menjelang penerimaan mahasiswa baru di Perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia. 

“Tujuannya, untuk memberikan informasi tentang tatacara masuk perguruan tinggi kepada pihak sekolah, mulai dari guru, operator hingga siswa,” jelas Mursyidin, Rabu 18 Desember 2019.

Mursyidin menyampaikan, tahun 2020 UTU menyediakan tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri. 

Ia melanjutkan, hadirnya UTU sebagai perguruan tinggi negeri di kawasan Barat Selatan Aceh untuk memberikan akses pendidikan secara merata bagi masyarakat. 

Karenanya, pihak kampus telah menyiapkan sejumlah beasiswa bagi calon mahasiswa, seperti beasiswa bidikmisi, PPA, Beasiswa BI, Baitul Mal dan Beasiswa Pemerintah Aceh “Program Aceh Caroeng.”

Sementara itu, Kepala SMA Unggul Subulussalam, Syukri menyampaikan terima kasih atas kehadiran Tim sosialisasi UTU. 

Ia mendukung penuh kegiatan tersebut dan berjanji memastikan para siswa di Subulussalam terdaftar dan memiliki akun pada LTMPT. 

Hal senada juga disampaikan Kepala SMA Gunung Meriah, Musren. Bahkan ia menyarankan, agar sosialisasi dilaksanakan dua kali dalam setahun.

Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru UTU juga mendapat dukungan penuh dari Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri HD, sebagaimana disampaikan kepala dinas pendidikan di dua daerah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh yang akrab disapa Haji Nanda itu, menyampaikan terimakasih kepada UTU yang telah berkerjasama dengan sekolah-sekolah di Aceh dalam rangka sosialisasi.

Ia berharap, ke depan tidak ada lagi anak-anak Aceh yang tak bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Terlebih, saat ini Pemerintah Aceh menyediakan beasiswa melalui program Aceh Carong yang diperuntukkan bagi anak-anak berprestasi.

“Sehingga nantinya, pendidikan Aceh mendapat peringkat yang unggul di Indonesia,” ujarnya.

Adapun tim sosialisasi UTU yaitu, Warek III Mursyidin, Dekan Teknik, M. Isya dan KTU FISIP, Raflizar.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *