Mahasiswa STAIN Meulaboh Latih Jiwa Wirausaha Lewat Bazar

oleh -468 views
Bazar
Bazar kewirausahaan mahasiswa STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Rabu 18 Desember 2019. (BASAJAN.NET/ASHA)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, menggelar bazar berbagai produk olahan sendiri, Rabu 18 Desember 2019, di kampus setempat.

Bazar tersebut merupakan bagian dari mata kuliah kewirausahaan, untuk menumbuhkan jiwa wirausaha kreatif dan mandiri di kalangan mahasiswa.

Loading...

Kegiatan itu diikuti oleh enam unit mahasiswa Jurusan Tarbiyah dan Keguruan dan satu unit mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam. Terdiri dari, dua unit mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), dua unit mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), satu unit mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan satu unit Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Sedangkan untuk Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, hanya diikuti oleh mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI). Semua produk yang dijajakan pada bazar tersebut merupakan hasil karya mahasiswa, seperti makanan dan minuman dalam berbagai variasi, kerajian tangan dan lainnya.

Dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan, Sri Hardianty menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung secara aplikatif kepada mahasiswa, tentang cara menjadi wirausahawan.

Menurutnya, kewirausahaan tidak cukup hanya mengetahui ilmunya secara teoritis saja, namun diperlukan aktualisasi nyata untuk merangsang mahasiswa agar memiliki jiwa wirausaha.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan akan menumbuhkan keberanian dalam diri mahasiswa untuk menjadi wirausahawan, sebelum maupun setelah mereka lulus kuliah,” ujarnya.

Sri menambahkan, ke depan, kegiatan semacam itu akan menjadi agenda wajib bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah kewirausahaan.

“Melihat antusiasme mahasiswa dan civitas akademik, bahkan tidak tertutup kemungkinan adanya market day atau bazar harian,” katanya.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah menyambut baik pelaksanaan bazar tersebut sebagai ajang untuk melatih jiwa wirausaha mahasiswa.

“Juga untuk menumbuhkan kreatifitas dan inovasi mahasiswa,” ujarnya.

Ia berharap, ke depan dapat dilaksanakan lebih meriah dengan mengundang seluruh perguruan tinggi di Aceh Barat.

Bazar tersebut merupakan yang perdana dilaksanakan di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Kegiatan sehari yang dimulai 8.30-15.00 WIB itu, mengundang antusiasme seluruh masyarakat kampus. Bazar ditutup dengan pembagian hadiah kepada para mahasiswa, dengan total Rp1 juta.

Adapun juara 1 diraih kelompok mahasiswa dari Prodi PAI, juara 2 dan 3 kelompok mahasiswa Prodi PGMI. Hadiah yang diberikan kepada peserta bazar merupakan dana pribadi Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Salah satu peserta bazar, Jannatin Nisa’ mengaku senang dengan adanya kegiatan itu. Selain menambah penghasilan, juga mendapatkan ilmu dari praktek dari mata kuliah kewirausahaan yang dipelajari.

“Saya bisa merasakan susah senangnya dalam berwirausaha,” ucapnya.[]

 

WARTAWAN: MARIANI

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *