STAIN Meulaboh Komit Tingkatkan Mutu Pendidikan di Barsela

oleh -70 views
Ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, Muhammad Azhari menyerahkan ijazah kepada wisudawan, Kamis 10 Maret 2022. (BASAJAN.NET/NURUL FAHMI)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh terus meningkatkan mutu pendidikan di Barat Selatan Aceh (Barsela). 

Hal tersebut disampaikan Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah pada Rapat Senat Terbuka Wisuda Strata Satu (S1) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh di halaman Gedung Syariah dan Ekonomi Islam, Kamis 10 Maret 2022.

Inayatillah menjelaskan, pihaknya akan terus meningkatkan mutu secara terus menerus melalui tata kelola yang bermutu, sumber daya manusia yang bermutu, pengajaran, penelitian/publikasi, dan pengabdian masyarakat yang bermutu dan program-program kemahasiswaan yang bermutu demi mewujudkan visi perguruan tinggi menjadi institusi pendidikan yang unggul dan kompetitif dalam pengembangan ilmu-ilmu keislaman.

Ia menambahkan, perguruan tinggi harus membentuk generasi muda yang tangguh dan kreatif sejak dini, karena merekalah kelak yang akan membangun estafet kemajuan bangsa, serta menjadi nilai dorong dalam bersaing, baik dalam kancah global maupun lokal.

Selain itu, Inayatillah menyebutkan, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh yang saat ini dengan predikat ‘Baik Sekali’ dari BAN-PT sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak, stakeholder dan unsur pimpinan daerah, provinsi dalam mewujudkan peningkatan kelembagaan perguruan tinggi melalui transformasi perubahan bentuk dari STAIN menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Pada Rapat Senat Terbuka Angkatan XII tahun ini meluluskan 157 mahasiswa, terdiri dari 89 mahasiswa Jurusan Tarbiyah dan Keguruan, 59 mahasiswa Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, dan 9 mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam.

Dari jumlah keseluruhan itu 3 orang dinyatakan dengan lulusan terbaik predikat terpuji, diantaranya Mariani dari program studi (prodi) komunikasi dan penyiaran islam dengan IPK 3.89, Eva Maulida dari prodi perbankan syariah dengan IPK 3.83 dan Masdarhikkami prodi pendidikan bahasa arab dengan IPK 3.87.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), Suyitno dalam orasi ilmiahnya secara daring/online berpesan, para lulusan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh harus menjadi alumni yang berkomitmen dalam melakukan pembelajaran baik formal maupun non formal, serta terus menjalankan dharma baktinya terhadap masyarakat sekitar.

Sebab, pembuktian dan kontribusi kepada masyarakat itu sangat penting, sebab ilmu-ilmu yang telah dipelajari selama menjalankan pendidikan sangat dinantikan oleh masyarakat dalam peran mengembangkan suatu daerah sesuai bidang keilmuan masing-masing.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.