Santri Pesantren Salafiyah Aceh Barat Ujian Kesetaraan Sekolah

oleh -143 views
WhatsApp Image 2021 03 18 at 12.37.44
Santri Pesantren Salafiyah Aceh Barat Ujian Kesetaraan Sekolah, Rabu 18 Maret 2021. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh – Sejumlah santri Pondok  Pesantren (Ponpes) Salafiyah Aswal Hidayatussalam, Gampong Pasi Jambu, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat ujian kesetaraan sekolah tingkat wustha tahun 2020/2021. 

Ujian yang berlangsung di Pondok  Pesantren (Ponpes) Salafiyah Aswal Hidayatussalam tersebut dilaksanakan hingga 22 Maret 2021.

Loading...

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah (PD) Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Tarmidhi menyebutkan, di Kabupaten Aceh Barat, santri yang mengikuti ujian kesetaraan sekolah sebanyak 25 santri, terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan.

Ia menambahkan, santri yang mengikuti ujian tersebut merupakan santri yang terdata pada aplikasi Education Management Information System (EMIS) yang diupdate secara berkala. Selain itu, pondok pesantren yang dapat melaksanakan ujian kesetaraan sekolah merupakan pondok pesantren yang sudah memiliki izin dan menerapkan sistem pesantren salafiyah pendidikan kesetaraan.

Tarmidhi menyebutkan, saat ini di Kabupaten Aceh Barat hanya memiliki satu pondok pesantren yang sudah terdaftar sebagai Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah tingkat Wustha (menengah pertama).

Sementara itu, dalam upaya mendukung dan meningkatkan kualitas pendidikan pondok pesantren, baru-baru ini Pondok Pesantren Salafiyah Aswal Hidayatussalam melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat juga telah mengusulkan penambahan Program Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah Tingkat Ulya (menengah atas).

“Nanti ada tim peninjau untuk uji kelayakan. Semoga mendapatkan hasil yang baik,” harapnya.

Tarmidhi menambahkan, untuk pengusulan Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah, pondok pesantren harus sudah memenuhi ketentuan dan syarat yang telah ditetapkan pada undang-undang dan aturan dari Kementerian Agama.[]

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *