Calon Pengantin di Aceh Barat Ikut Bimbingan Perkawinan

oleh -308 views
Calon pengantin di Kabupaten Aceh mengikuti bimbingan perkawinan, Rabu 17 Maret 2021. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Sejumlah calon pengantin di Kabupaten Aceh mengikuti bimbingan perkawinan. Kegiatan Bimbingan Perkawinan Pranikah Angkatan I tersebut berlangsung di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Rabu 17 Maret 2021.

Ketua Panitia, Nurul Hadimenyebutkan, peserta yang mengikuti bimbingan perkawinan pranikah tersebut sebanyak 50 calon pengantin, terdiri dari 35 calon pengantin Kecamatan Johan Pahlawan dan 15 dari Kecamatan Meureubo.

Ia menjelaskan, kegiatan bimbingan tersebut dilaksanakan untuk mewujudkan terciptanya keluarga sakinah, mawaddah, warahmah, serta menjadi keluarga yang harmonis yang dapat membentuk masyarakat dan bangsa yang kuat untuk mewujudkan Indonesia sebagai negeri yang baik.

Nurul Hadi menambahkan, bimbingan perkawinan sangat penting bagi pasangan pranikah. Menurutnya pada bimbingan tersebutlah mereka diingatkan betapa pentingnya memperkuat pondasi-pondasi keagamaan dengan terciptanya perkawinan yang sakinah, mawaddah, warahmah, serta bahagia lahir dan batin.

Sementara itu, Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Jakfar menyampaikan, bimbingan perkawinan pranikah merupakan amanat undang-undang nomor 16 tahun 2019 tentang perkawinan, sebagai bentuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam kehidupan berumah tangga menuju keluarga bahagia dan sejahtera.

“Setiap peserta akan diberikan sertifikat bimbingan, dan tidak perlu lagi ikut bimbingan di KUA,” tambahnya.

Jakfar mengingatkan, setiap calon pengantin harus tetap menjaga diri dengan baik sebelum pernikahan dilaksanakan, dengan tidak melakukan hal-hal yang terlalu bebas yang dapat menyalahi ketentuan hukum syariah.

Ia berharap, setiap materi pada bimbingan tersebut dapat dimanfaatkan oleh peserta dalam membentuk rumah tangga yang bahagia dan sejahtera di dunia maupun di akhirat.

Bimbingan Perkawinan Pranikah Angkatan I di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat berlangsung hingga 18 Maret 2021.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *