PMII Luncurkan Gerakan ‘Goceng untuk Kongres’

oleh -808 views
Peluncuran 'Goceng untuk Kongres' PB PMII. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA).

BASAJAN.NET, Jakarta- Pengurus Besar Pegerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), meluncurkan gerakan PMII Mandiri yang bertajuk “Goceng untuk Kongres.” Gerakan itu dilakukan menjelang Kongres XX di Balikpapan, Kalimantan Timur, 16-21 April 2020.

Ketua Umum PB PMII, Agus Mulyono Herlambang mengatakan, “Goceng untuk Kongres” merupakan gerakan kemandirian ekonomi untuk Kongres XX. Sekaligus sebagai upaya menggalang partisipasi kader, seluruh alumni dan keluarga besar NU untuk ikut terlibat dalam mensukseskan kongres.

Loading...

Ia menyampaikan, gerakan tersebut juga untuk mendorong spirit baru dalam bergotong royong, sesuai falsafah kebudayaan Indonesia.

“Agar PMII bisa mandiri dan keluarga besar PMII semakin loyal untuk organisasi,” ujar Agus, dalam siaran pers, Sabtu 11 Januari 2020. 

Ia mengajak seluruh kader dan alumni PMII se-Infonesia untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Kongres XX melalui gerakan “Goceng untuk Kongres.”

“Mari kita bergotong-royong menyukseskan gerakan Goceng untuk Kongres. Mari bersam-sama berpartisipasi, berkontribusi dalam membangun kemandirian PMII,” ajaknya.

Sementara itu, Koordinator Nasional Gerakan Goceng untuk Kongres, M Chabib Alwi menyampaikan, gerakan ini merupakan terobosan baru dalam mewujudkan kemandirian ekonomi PB PMII.

“Kita ingin mengoptimalkan partisipasi kader PMII di Seluruh Indonesia, agar semangat gotong royong dan rasa memiliki terhadap PMII semakin kuat,” kata Alwi.

Ia menjelaskan, latar belakang pemberian istilah Gerakan Goceng untuk Kongres dikarenakan di lembar uang goceng atau Rp5.000 terdapat gambar sosok pahlawan nasional, yang merupakan tokoh besar NU yaitu KH. Idham Chalid, Ketua Umum PBNU 1956-1984. 

“Beliau juga pernah menjadi Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, beberapa kali Wakil Perdana Menteri di Era Presiden Soekarno dan beberapa kali Menteri di Era Presiden Soeharto,” paparnya.

Gerakan ‘Goceng untuk Kongres’ dimobilisasi PB PMII, Pengurus Koordinator Cabang (PKC) dan Pengurus Cabang (PC), yang nanti akan disalurkan pada rekening bersama yang buat oleh “Kornas Goceng Panitia Kongres” bekerjasama dengan “NU Care Laziz NU.” 

Jumlah dana yang dikumpulkan, nantinya dapat di update setiap hari secara online. Gerakan ini menargetkan dana Rp.2 Miliar, dengan minimal 400 ribu kader yang berpartisipasi.

 

Mendapat Apresiasi Staf Khusus Presiden

Gerakan “Goceng untuk Kongres” yang digalakkan PB PMII mendapat aoresiasi dari Staf Khusus Presiden, Aminuddin Ma’ruf.

“Gerakan mandiri ini, bukan hanya barang mahal di PMII, tapi juga langka di NU. Pilar NU adalah kemandirian ekonomi,” ujar Amin, yang juga mantan Ketua Umum PB PMII.

Menurutnya, sudah saatnya kader PMII tidak bergantung pada siapapun. Sebagai organisasi terbesar di Indonesia, PMII dan NU sudah selayaknya mandiri. 

Untuk menuju kemandirian, lanjut Amin, harus dimulai dengan memperbaikinya sumberdaya manusia yang dimiliki.

“Pra syarat kemandirian ekonomi adalah sumber daya manusia. PR utama yang harus dilakukan, membangun SDM unggul. Bicara SDM unggul di NU, ya PMII,” tekannya.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *