Pemerintah Tetapkan 1 Syawal Jatuh pada Rabu 10 April 2024

oleh -36 views
Kasi Bimas Islam Kankemenag Aceh Barat, Tharmizi saat mengumumkan hasil sidang Isbat, Selasa 9 April 2024. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Hal tersebut diumumkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat diwakili Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Tharmizi usai melaksanakan rukyatul hilal di Gedung Rukyatul Hilal Suak Geudeubang, Selasa 9 April 2024.

Tharmizi menyebutkan, berdasarkan hasil sidang isbat yang diumumkan oleh Menteri Agama, dari 127 titik pengamatan rukyatul hilal, tiga titik terlihat hilal, yaitu di Sidoarjo, Mojokerto dan Manado. 

Sementara itu, Ketua Tim Badan Hisab dan Rukyat Aceh Barat, Kamil Syafruddin mengatakan, pada saat pemantauan hilal, cuaca di seluruh Aceh hujan deras, sehingga hilal tidak terlihat.

Namun berdasarkan data, ketinggian hilal tertinggi berada di Aceh Barat dengan ketinggian 7 derajat 28 menit dan sudut elongasi 9,93 derajat.

“Kriteria ini sudah melebihi standar minimal penetapan awal bulan oleh MABIMS,” ungkapnya.

Menurut kesepakatan Menteri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), kriteria penetapan hilal (awal bulan) adalah 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Pemantauan hilal di Aceh Barat turut dihadiri Pj Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi, Forkopimda, Kepala Dinas Syariat Islam, Ketua MPU, pimpinan dayah, dan masyarakat.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.