Gampong Kuta Karang Gelar Gebyar Ramadan

oleh -67 views
Gampong Kuta Karang Gelar Gebyar Ramadan
Penampilan Peserta cabang lomba pada Gebyar Ramadan tahun 2022 Gampong Kuta Karang, Kecamatan Darul Imaran Aceh Besar, Selasa Malam 19 April 2022. (BASAJAN.NET/NAT RIWAT).

BASAJAN.NET, Jantho- Guna menumbuhkan generasi islami beriman dan berkarakter, pemuda Gampong Kuta Karang, Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar, menggelar Gebyar Ramadan tahun 2022.

Kegiatan yang didadakan di halaman meunasah gampong setempat, berlangsung 19-24 April 2022.

Ketua panitia, Muhammad Arkham menyampaikan, gebyar ramadan salah satu program rutin peringatan hari besar islam (PHBI) Gampong Kuta Karang, namun dalam beberapa tahun terakhir ini tidak dilaksanakan lagi.

Arkham mengatakan, gebyar ramadan merupakan kegiatan yang dinanti-nanti oleh masyarakat. Generasi-generasi sebelumnya telah melaksanakan kegiatan seperti ini dengan sangat meriah.

“Bahkan pesertanya di tingkat mukim atau kecamatan, namum beberapa tahun terakhir tidak digelar lagi dengan berbagai kendala,” ujarnya.

Arkham menambahkan, gebyar ramadan kali ini diikuti oleh 23 peserta dari empat dusun. Adapun cabang yang diperlombakan antara lain, lomba adzan tingkat MIN/SD dan Tsanawiyah, lomba pidato putra-putri tingkat Tsanawiyah dan Aliyah, dan lomba Tilawatil Quran.

Para dewan hakim atau juri pada kegiatan tersebut terdiri dari unsur tokoh masyarakat, ustaz pada TPA Al-Jihad Kuta Karang dan alumni Kuta Karang, yaitu putra-putri terbaik Kuta Karang yang telah menjadi warga gampong lain, pulang untuk mendukung kegiatan ini.

“Mereka juga pelaksana kegiatan seperti ini di masanya,” sebutnya.

Arkham berharap, masyarakat dan pemerintah gampong terus mendukung kegiatan tersebut.

Keuchik Gampong Kuta Karang, Suria Husin menyatakan dukungannya terhadap kegiatan tersebut. Ia menilai kegiatan seperti ini sangat penting dilaksanakan, terutama di bulan ramadan.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini, apalagi kita melihat generasi muda saat ini banyak yang terpengaruh dengan hal-hal negative. Maka kami atas nama pemerintah gampong mengharapkan kepada pemuda untuk terus melanjutkan kegiatan seperti ini, bahkan dapat dilaksanakan tingkat kemukiman,” kata Suria.

Terlebih lagi, lanjut Suria, di Gampong Kuta Karang ada beberapa balai pengajian, dua dayah dan Taman Pendidikan Al-Quran Al-Jihad yang muridnya juga ada dari gampong jiran dalam kemukiman yang sama.

Untuk itu, ke depan sangat memungkinkan dilaksanakan secara lebih luas lagi dengan jenis perlombangan yang lebih banyak.

“Sehingga kegiatan gebyar ramadan yang kita laksanakan ini mendapat banyak kesempatan bagi yang ingin berpartisipasi nantinya,” uajr Suria.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.