Diskominfo Aceh Barat Latih Kelompok Informasi Gampong

oleh -1.071 views
IMG 20191119 WA0020
Ariski Septian menyampaikan materi tentang teknik penulisan berita bagi Kelompok Informasi Gampong (KIG) Kabupaten Aceh Barat, Selasa 19 November 2019. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Sebagai upaya meningkatkan penyebarluasan informasi pembangunan gampong, Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Aceh Barat memberikan pelatihan penulisan berita dan pengelolaan website bagi Kelompok Informasi Gampong (KIG).

Kegiatan yang dilaksanakan, Selasa 19 November 2019, di Laboratorium Komputer SMKN 1 Meulaboh dan Laboratorium Komputer SMPN 3 Meulaboh ini, diikuti 60 peserta perwakilan dari 12 gampong.

Loading...

Hadir sebagai pemateri, Ariski Septian, staf Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (UPT-TIPD) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Zaky Akhyar dan Lisa dari Tim Sistem Informasi Aceh Terpadu (SIAT). Agustian Saputra, pendamping desa dan Saiful Anwar, Widyaiswara BKPSDM Aceh Barat.

Ariski Septian dalam materinya tentang teknik penulisan berita menjelaskan, berita yang dimuat pada laman website gampong harus memberikan informasi positif kepada masyarakat. Sehingga mampu meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam membangun gampong.

“Pengelola informasi sebaiknya menghindari isu-isu yang memicu perdebatan di masyarakat,” ujarnya.

Ariski menyampaikan, berita yang ditulis dan dipublikasikan harus berdasarkan fakta dan data yang ada. Sehingga nantinya setiap informasi yang ada di website gampong dapat menjadi rujukan bagi orang banyak.

“Berita harus dapat mengedukasi masyarakat terhadap perkembangan terkini gampong,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo dan Persandian Aceh Barat, Rahmat Noer ZA mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan masyarakat terhadap perkembangan terkini gampong. 

Pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas KIG Aceh Barat dalam memuat konten website gampong.

“Sehingga dapat membantu menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan lebih cepat dalam jangkauan yang lebih luas,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Diskominfo dan Persandian Kabupaten Aceh Barat, juga memberikan domain gampong.id kepada tiap peserta untuk dikelola. Gampong.id merupakan nama domain yang disiapkan khusus Pemerintah Aceh melalui Dinas Kominfo dan Persandian Aceh sebagai bentuk penerapan program Sistem Informasi Aceh Terpadu (SIAT).[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *