Delapan Destinasi Aceh Masuk Nominasi API Award 2020

oleh -123 views
API Award
Ilustrasi Tarian Aceh. (BASAJAN.NET/JUNAIDI MULIENG)

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Delapan destinasi di Aceh masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam surat yang diterima Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, pada 1 Juli 2020.

Surat yang sama juga diterima Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota yang berhasil masuk nominasi.

Loading...

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin, Ahad, 5 Juli 2020 mengatakan, ada 18 kategori yang dilombakan dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020.

Mulai dari kategori Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, Promosi Pariwisata Digital, Brand Pariwisata, Destinasi Belanja, Cinderamata, Olahraga dan Petualangan, Wisata Air, hingga Ekowisata.

Selain itu, ada kategori Dataran Tinggi, Atraksi Budaya, Situs Sejarah, Kampung Adat, Festival Pariwisata, Destinasi Kreatif, Destinasi Unik, Destinasi Baru dan Surga Tersembunyi.

Dari delapan belas kategori yang diperlombakan, Aceh berhasil meraih delapan nominasi, yaitu Kampung Gayo Bebesan – Aceh Tengah (API 5D). Rencong Batu – Aceh Selatan (API 6F). Surfing Samadua – Aceh Selatan (API 8G). Damaran Baru EcoVillage – Bener Meriah (API 9B).

Tugu RRI Rimba Raya – Bener Meriah (API 12J). Rampoe Langsa – Langsa (API 11H). Sabang Marine Festival – Sabang (API 14I) dan Museum Tsunami – Banda Aceh (API 16G).

“Perlu semangat semua pihak, tidak hanya Bupati/Walikota terkait dan jajarannya, tapi juga seluruh masyarakat Aceh, khususnya millennial Aceh sebagai digital volunteer untuk memenangkan Aceh sebagai juara dalam kompetisi API Award 2020,” ujar Jamal.

Jamal menambahkan, Aceh memiliki ragam keunikan dan pesona alam serta budaya yang tidak kalah menarik dari daerah-daerah lainnya di Indonesia. Tapi untuk menang dalam kompetisi API Award 2020 perlu ajakan untuk voting bersama.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani mengajak semua pihak untuk mendukung agar bisa memperoleh Anugerah Pesona Indonesia 2020 dengan cara voting atau pemungutan suara.

Ia menyebutkan, periode voting akan dimulai pada 1 Agustus hingga 31 Desember 2020. Keikutsertaan Aceh pada API Award 2020, akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Tentu ini menjadi tantangan bagi kita di tengah kondisi Covid-19 merebak di dunia, termasuk di Aceh,” katanya.

Pemungutan suara dilakukan dengan 4 cara, yaitu melalui SMS Premium dengan mengetik keyword dan mengirim ke 99386, Video Pariwisata di Youtube Channel APIaward dengan cara suscribe dan Like, selanjutnya dengan mengikuti akun Instagram @apiaward dan like gambar nominasi, dan terakhir dengan cara aplikasi Android.

Ia mengajak semua pihak untuk bersemangat dalam mempromosikan pesona Aceh melalui Kompetisi Anugerah Pesona Indonesia 2020. Menurutnya, jika pandemi Covid-19 berakhir, para wisatawan akan menjadikan Aceh sebagai destinasi utama untuk dikunjungi.

“Karena Aceh itu unik, menarik, penuh sejarah dan makanannya enak di lidah wisatawan,” tutup Rahmadhani.[]

 

EDITOR: RAHMAT TRISNAMAL

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *