Danramil Arongan Beri Pendampingan Usaha Kelapa Gongseng

oleh -421 views
gongseng kelapa_bnet
Mahdi bersama istri dan anaknya sedang memproduksi kelapa gongseng di rumahnya, di Gampong Cot Buloh, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Komando Rayon Militer (Koramil) Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat memberikan pendampingan kepada masyarakat usaha pengolahan kelapa gongseng di Gampong Cot Buloh, Selasa, 9 Juni 2020.

Komandan Rayon Militer (Danramil) Arongan Lambalek, Kapten Inf Herinizal mengatakan, Gampong Cot Buloh terkenal dengan olahan kelapa gongsengnya. 

Loading...

“Produksi kelapa gongseng ini, sudah dipasarkan hingga ke Banda Aceh, Aceh Selatan, Abdya dan daerah lainnya,” ujar Herinizal.

Ia menuturkan, yang membuat kelapa gongseng Gampong Cot Buloh paling digemari, karena masih diproduksi secara tradisional. 

“Seperti kelapa gongseng hasil olahan Mahdi dan khatijah. Selain kental dan gurih, cita rasanya sangat khas dibanding yang lain,” katanya.

IMG 20200610 WA0018 compress42
Herinizal saat melihat langsung proses pembuatan kelapa gongseng di rumah Mahdi di Gampong Cot Buloh, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Selasa, 9 Juni 2020. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA).

Herinizal menyampaikan, dirinya berencana membantu pemasaran kelapa gongseng milik Mahdi ke Sabang dan sekitarnya, melalui media online.

Selain itu, ia juga akan membantu membuat kemasan (packing) yang lebih menarik, sehingga ciri khas dan oromanya tetap terjaga.

Sementara itu, Mahdi pemilik usaha kelapa gonseng mengatakan, usahanya itu warisan keluarga yang telah dirintis turun temurun.

Ia menyampaikan terimakasih atas pendampingan yang diberikan Danramil Arongan Lambalek untuk meningkatkan usahanya.

“Semoga dapat menambah penghasilan kami ke depan,” harapnya.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *