Wujudkan Zona Integritas Kemenag Subulussalam Gandeng Kajari

oleh -163 views
Kemenag Kota Subulussalam dan Kajari setempat, menandatangani kesepakatan bersama terkait bantuan hukum Perdata dan Tata Usaha Negara. Foto direkam pada Rabu, 9 Juni 2021, di aula Kemenag setempat. (BASAJAN.NET/DOK. HUMAS KEMENAG SUBULUSSALAM).

BASAJAN.NET, Subulussalam- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Subulussalam, bertekad untuk mewujudkan zona integritas wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM), di lembaga tersebut.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Kemenag Subulussalam menjalin kerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kajari) setempat, terkait bantuan hukum Perdata dan Tata Usaha Negara.

Penandatangan kerjasama dilakukan langsung Kepala Kantor Kemenag Subulussalam Juniazi dan Kepala Kejaksaan Negeri Subulussalam, Marhardy Indra Putra, di aula Kantor Kemenag setempat, beberapa waktu lalu.

Kepala Kantor Kemenag Kota Subulussalam, Juniazi, dalam siaran pers yang diterima redaksi Basajan.net, Senin, 21 Juni 2021, mengatakan dengan intensitas, volume pekerjaan, beragamnya tugas fungsi yang diemban pihaknya, tidak menutup kemungkinan terjadinya permasalahan hukum di lapangan.

“Ditambah lagi jumlah satuan kerja, baik itu madrasah dan KUA, pondok pesantren, sampai ke desa,” ungkapnya.

Juniazi menuturkan, kesepakatan bersama dengan Kejaksaan menjadi sebuah keniscayaan. Terlebih jika nantinya dihadapkan pada persoalan-persoalan yang berpotensi menimbulkan masalah hukum, seperti tanah wakaf dan rotasi dan mutasi ASN.

Selain itu, lanjut Juniazi, pembinaan hukum bagi ASN juga penting dilakukan. Sehingga menciptakan SDM yang mengerti dan melek hukum, taat hukum, dan sadar hukum, yang berintegritas tinggi serta anti korupsi.

“Kami bertekad mewujudkan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayan,” tekannya.

Sementara itu, Kajari Subulussalam Marhardy Indra Putra mengatakan, selain bantuan Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara, kedua belah pihak juga sepakat untuk kerjasama di bidang pembinaan hukum lainnya. 

Pembinaan dimaksud, termasuk upaya-upaya Kemenag dalam pencegahan korupsi, pelaksanaan Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM), dan pembinaan hukum lainnya kepada jajaran ASN Kemenag setempat. 

“Tentu, tanpa menganggu tugas dan fungsi masing-masing institusi,” ujar Marhardy.

Ia menyampaikan, kesepakatan bersama itu dilakukan dalam rangka menangani penyelesaian masalah hukum yang bakal dihadapi jajaran Kemenag Kota Subulussalam, baik di dalam maupun di luar pengadilan.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.