WCS dan FPIK UTU Kembangkan Rumpon Bagi Nelayan Aceh Besar

oleh -282 views
WCS dan FPIK UTU Kembangkan Rumpon Bagi Nelayan Aceh Besar
Dosen FPIK UTU tengah memberikan pengarahan tentang Penyusunan Rencana Aksi bersama Tim Pokja Rumpon di Lhok Leupung, Kabupaten Aceh Besar, Senin, 24 Agustus 2020. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA).

BASAJAN.NET, Meulaboh-  Wildlife Conservation Society (WCS) bekerjasama dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar (FPIK UTU), melakukan pengembangan rumpon bagi nelayan di Kabupaten Aceh Besar.

Project Manager WCS IP- Aceh Marine, Ina Nisrina Has menyampaikan, kegiatan yang berlangsung 24-28 Agustus 2020 itu, bertujuan untuk meningkatkan mata pencaharian masyarakat di Lhok Leupung dan Lhok Lamteungoh, Aceh Besar.

Loading...

Ina mengatakan, berdasarkan hasil analisis hierarki proses (AHP) yang dilakukan pihaknya, untuk meningkatkan mata pencaharian masyarakat di dua kawasan itu, dapat dilakukan dengan pemanfaatan rumpon.

“WCS menggandeng FPIK UTU yang selama ini sudah memiliki kompetensi dalam pengembangan rumpon,” ujarnya.

Ina berharap, pengembangan rumpon ramah lingkungan dapat meningkatkan produksi hasil tangkap dan meningkatkan pendapatan nelayan kecil.

Dosen Prodi Perikanan FPIK UTU, Hafinuddin sebagai delegasi pada program tersebut mengatakan, rumpon yang dikembangkan dikelola dengan pendekatan adat, di bawah panglima laot. Proses pendampingan akan dilakukan selama setahun.

Ia menyampaikan, pada tahap pertama sebagai persiapan, akan dilakukan pemilihan lokasi pemasangan dan penentuan konstruksi rumpon yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kondisi lingkungan tempat pemasangan.

Tahapan kedua, yaitu implementasi, akan dilakukan pemasangan rumpon di lokasi yang telah ditentukan dan pemanfaatan rumpon yang telah dipasang. Pada tahapan akhir, akan dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan rumpon dan dampak yang dihasilkan.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *