UIN Ar-Raniry Tak Sediakan Perangkat Tes UM-PTKIN

oleh -256 views
warul
Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Warul Walidin AK. (BASAJAN.NET/NAT RIWAT).

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, tidak menyediakan perangkat teknologi informasi kepada peserta Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2020. Ujian akan dilaksanakan secara daring pada 3-7 Agusutus 2020, serentak seluruh Indonesia.

Rektor UIN Ar-Raniry, Warul Walidin AK, Kamis, 30 Juli 2020 mengatakan, UM-PTKIN Tahun 2020 dilaksanakan secara daring melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Online. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Nomor 064/SPAN-UM/VI/2020.

Loading...

“Ujian masuk perguruan tinggi tahun 2020 ini, jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Hampir semua jalur penerimaan dilakukan secara daring atau online, ini menjadi tantangan tersendiri bagi peserta,” kata Warul.

Warul menyampaikan, bagi peserta UM-PTKIN yang telah memilih lokasi tes pada UIN Ar-Raniry, selama pelaksanaan ujian tidak datang ke kampus. Selain itu, pihaknya juga tidak menyediakan perangkat teknologi informasi kepada peserta ujian.

Namun ketentuan tersebut dikecualikan bagi peserta yang telah mengajukan permohonan melalui aplikasi UM-PTKIN atau peserta berkebutuhan khusus.

“Kepada mereka akan diberi arahan kembali oleh panitia,” sambungnya.

Warul mengatakan, kebijakan tersebut diambil dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19, serta menerapkan protokol kesehatan selama pandemi virus corona sesuai dengan anjuran pemerintah.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Gunawan Adnan menyampaikan, terkait pelaksanaan ujian dan pengaduan resmi panita pusat, peserta dapat diakses pada situs UM-PTKIN.

Panitia lokal UIN Ar-Raniry juga telah menyiapkan call center dengan nomor +62 823 7080 4528, +62 823 7034 0228 (telepon), +62 813 6041 6698 (WA dan Telegram), email: akademik@ar-raniry.ac.id.

Khusus bagi peserta yang memilih lokasi di UIN Ar-Raniry, untuk memperbaharui informasi dapat mengunjungi situs pendaftaran UIN Ar-Raniry atau menghubungi panitia melalui surat elektronik uin@ar-raniry.ac.id.

Gunawan mengingatkan, agar peserta membaca secara detail tata tertib mengikuti SSE UM-PTKIN 2020. Tata cara dan alur instalasi aplikasi ujian SSE UM-PTKIN tahun 2020. Tahapan dan alur ujian, serta hal lain yang tertera pada kartu ujian masing-masing, sehingga tidak gagal sebelum mengikuti ujian.

Ia menyampaikan, mekanisme dan petunjuk lainnya telah dicantumkan pada lembaran kartu ujian masing-masing.

“Dibaca dengan teliti agar saat mengikuti ujian dapat berlangsung lancar dan sukses. Jangan sampai gagal karena tidak paham prosedurnya,” pesannya.

Gunawam menginbau, seluruh peserta ujian UM-PTKIN untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan covid-19.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *