STAIN Meulaboh Siap Laksanakan Tes UM-PTKIN 2020 Secara Daring

oleh -234 views
umptkin stain meulaboh
Plt. Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Herman. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, menyatakan kesiapannya untuk pelaksanaan tes UM-PTKIN 2020 secara daring.

“Alhamdulillah, kita sudah menyiapkan semuanya sesuai arahan panitia UM-PTKIN pusat,” ujar Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Herman, Kamis, 30 Juli 2020.

Loading...

Seleksi calon mahasiswa baru melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2020, akan dilaksanakan secara daring pada 3-7 Agustus 2020, serentak seluruh Indonesia.

Herman menyampaikan, pelaksanaan ujian akan dilakukan melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE) online. Kebijakan tersebut diambil dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19, serta menerapkan protokol kesehatan selama pandemi virus corona.

“Seluruh peserta mengikuti ujian secara daring dari rumah masing-masing dan akan diawasi oleh petugas yang berada di kampus,” terangnya.

Herman menyebutkan, ujian SSE akan berlangsung 12 sesi. Dalam sehari, terdapat tiga sesi dan dalam satu sesi terdapat dua ruang.

Untuk STAIN Meulaboh, lanjut Herman, ujian akan berlangsung hanya delapan sesi saja, sesuai jumlah peserta. Adapun jumlah peserta yang akan mengikuti ujian di STAIN Meulaboh, sebanyak 288 orang.

Terkait teknis pelaksanaan ujian SSE, Herman mengatakan, sebelumnya seluruh panitia lokal UM-PTKIN telah mendapatkan bimbingan teknis dari panitia nasional. Selain itu, juga telah dilakukan uji coba aplikasi SSE dalam dua tahap pada 23-29 Juli 2020, yang diikuti panitia, pengawas dan seluruh peserta.

Dikarenakan ini kali pertama ujian daring dilakukan, Herman berpesan, agar panitia, pengawas dan peserta benar-benar memperhatikan kembali terkait teknis pelaksanaan ujian yang telah ditetapkan panitia nasional.

“Agar pelaksanaan ujian nantinya berjalan dengan baik dan semua peserta dapat mengikuti ujian,” pesannya.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah menyampaikan, ujian masuk perguruan tinggi tahun 2020 ini, jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Penerapan ujian daring menjadi tantangan tersendiri bagi panitia, pengawas dan peserta.

Ia berpesan, baik panitia, pengawas maupun peserta benar-benar mempersipakan diri selama ujian SSE online dilaksanakan.

“Semoga semua berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil maksimal,” harapnya.[]

 

WARTAWAN: MULIADI

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *