SMAN 1 Ingin Jaya Kembangkan Otomasi Perpustakaan

oleh -622 views
Otomasi Perpustakaan
FOTO: BASAJAN.NET/ISTIMEWA

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar mengembangkan sistem otomasi perpustakaan berbasis web, dengan menggunakan aplikasi School Integrated Library System (SchILS).

Pengembangan dilakukan bersama Aceh Library Consultant (ALC) dan Program Studi Ilmu Perpustakaaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, pada tanggal 7-9 Maret 2020.

Loading...

Kepala Perpustakaan SMA Negeri 1 Ingin Jaya, Cut Rusnawati mengatakan, kegiatan pengembangan sistem otomasi perpustakaan merupakan bagian dari program prioritas sekolah pada tahun 2020. Hal itu dimaksudkan, guna meningkatkan layanan dan kemudahan dalam temu kembali informasi.

Rusnawati menyampaikan, walau belum maksimal, namun setidaknya terobosan yang dilakukan pihak sekolah bersama ALC dan Prodi Ilmu Perpustakaan, dapat membantu rutinitas pengelolaan administrasi dan manajemen perpustakaan.

“Mulai dari pengolahan, sirkulasi, inventaris koleksi, statistik pengunjung dan kegiatan-kegiatan lainnya,” katanya.

Menurut Rusnawati, di era teknologi informasi saat ini mendorong setiap Perpustakaan mengimplementasikan teknologi untuk berbagai kemudahan dalam manajemen pengelolaan perpustakaan.

“Sudah saatnya pengelolaan perpustakaan meninggalkan pola lama,” ucapnya.

Sementara itu, koordinator pengembangan Perpustakaan SMAN 1 Ingin Jaya Aceh Besar, Marhaban menjelaskan, pengembangan perpustakaan sebagai salah satu bentuk tanggungjawab dan upaya mahasiswa dan alumni Ilmu Perpustakaan yang tergabung dalam Aceh Library Consultant, untuk mewujudkan program pengembangan perpustakaan sekolah berbasis web.

Marhaban mengatakan, dengan adanya pengembangan akan membantu rutinitas pengelolaan administrasi dan manajemen perpustakaan. Mulai dari pengolahan, sirkulasi, inventaris koleksi, statistik pengunjung dan kegiatan-kegiatan lainyan, yang terkait dengan pekerjaan operasional perpustakaan secara cepat dan tepat.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *