Pengelola Perpustakaan Desa di Nagan Raya Dapat Pelatihan

oleh -207 views
Pengelola Perpustakaan Desa Nagan Raya
Pengelola Perpustakaan desa di Nagan Raya mendapat pelatihan sistem otomasi perpustakaan, Rabu, 12 Agustus 2020. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA).

BASAJAN.NET, Suka Makmue- Sejumlah pengelola perpustakaan desa di Kabupaten Nagan Raya, mendapatkan pelatihan sistem otomasi perpustakaan berbasis web menggunakan aplikasi INLISLite versi 3.

Kegaitan yang diadakan di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Nagan Raya itu, berlangsung 12-14 Agustus 2020. Diikuti 20 peserta perwakilan pengelola perpustakaan desa dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat.

Loading...

Kabid. Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Nagan Raya, Linda Yunita menjelaskan, pelatihan itu dilaksanakan untuk memperkaya pengetahuan para kepala perpustakaan desa dalam mengelola perpustakaan dengan sistem otomasi.

Linda menuturkan, selama tiga hari, peserta akan dibekali dengan berbagai keterampilan dasar tentang penggunaan dan pemanfaatan aplikasi INLISLite yang menjadi kebutuhan saat ini.

Ia berharap, usai pelatihan, peserta mampu melaksanakan rutinitas perpustakaan. Mulai dari pengolahan bahan pustaka, manajemen keanggotaan, sirkulasi, inventaris koleksi, statistik pengunjung dan kegiatan-kegiatan lainnya yang terkait dengan pekerjaan operasional perpustakaan secara cepat dan tepat.

Linda mengatakan, pelatihan itu merupakan rangkaian dari realisasi rencana pengembangan perpustakaan ke depan dan sebuah terobosan baru untuk tampil modern.

“Sehingga mampu mengoptimalkan pelayanan dan manajemen pengelolaan perpustakaan di era teknologi sekarang ini,” ujarnya.

Kegiatan itu diisi oleh pemateri dan instruktur dari Aceh Library Consultant (ALC) dan Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Arkin, Wandi Syahputra dan M. Zulkifli SIP.[]

 

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *