Sensus Penduduk 2020 BPS Gandeng UIN Ar-Raniry

oleh -1.186 views
PhotoPictureResizer 191209 205535043 crop 5472x2918 2188x1167
Dekan FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Zaki Fuad menandatangani naskah kerjasama dengan Badan Pusat Statistik Banda Aceh dan Aceh Besar, Senin 9 Desember 2019, di kampus setempat. (BASAJAN.NET/NAT RIWAT)

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, menandatangani naskah kerjasama (MoA) dengan Badan Pusat Statistik Banda Aceh dan Aceh Besar, Senin 9 Desember 2019.

Dekan FEBI UIN Ar-Raniry, Zaki Fuad mengatakan, kerjasama tersebut merupakan tindak lanjut MoU antara UIN Ar-Raniry dengan BPS Provinsi beberapa waktu lalu. Salah satu poin kerjasama yang akan dilaksanakan nantinya, yaitu melakukan sensus penduduk pada tahun 2020 mendatang.

Loading...

“Kerjasama ini sangat bermanfaat bagi kedua lembaga, terutama bagi mahasiswa UIN Ar-Raniry,” ujar Zaki.

Zaki menyampaikan, dengan adanya kerjasama tersebut, mahasiswa nantinya akan terlatih dan mampu memahami tentang data statistik yang digunakan untuk mengambil keputusan terhadap publik. 

Ia mengatakan, BPS Aceh akan melibatkan mahasiswa UIN Ar-Raniry untuk mengolah data kependudukan di wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Menurutnya, hal paling penting dari kerjasama tersebut adalah mahasiswa nantinya dapat memahami proses pengolahan data.

“Itu sangat berguna saat mereka melakukan penelitian dan menyelesaikan tugas akhir,” terangnya.

Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Saifullah Idris mengatakan, MoU antara UIN Ar-Raniry dengan BPS Aceh diharapkan dapat memberikan manfaat kepada banyak pihak. Baik lembaga, mahasiswa maupun masyarakat.

Ia menyampaikan, hidup di era revolusi industri 4.0, semua yang dilakukan harus disertai dengan data. Untuk itu, BPS dapat berkolaborasi dengan mahasiswa dalam menjalankan program-program kepada masyarakat.

“Mari kita berbicara dengan data, tanpa data maka kita akan “cet langet” (menghayal),” ajaknya.

Selain penandatangan naskah kerjasama, pada kesempatan tersebut juga dilakukan deklarasi “Kampus Pelopor Sensus” dan kuliah umum Kepala BPS Aceh Wahyudin.

Dalam paparannya di hadapan ratusan peserta, Mahyuddin menyampaikan pemanfaatan data statistik untuk penelitian. Selain itu, ia juga menyampaikan tentang tingkatan informasi dalam memperoleh data dan beberapa jenis statistik.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *