Rektor UIN Ar-Raniry Ajak Siswa Lanjut Pendidikan Tinggi

oleh -75 views
Rektor UIN Ar-Raniry Ajak Siswa Lanjut Pendidikan Tinggi
Rektor UIN Ar-Raniry Warul Walidin. (BSAJAN.NET/NAT RIWAT).

BASAJAN.NET, Nagan Raya- Rektor UIN Ar-Raniry Warul Walidin mengajak dan memotivasi para siswa kelas XII di Barat Selatan Aceh, untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, khususnya di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ajakan tersebut disampaikan Warul Walidin pada sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di Aula Pendapa Bupati Kabupaten Nagan Raya, Sabtu, 5 Februari 2022. Sosialisasi juga dilakukan ke para siswa yang ada di Aceh Barat Daya (Abdya).

Pada kesempatan tersebut, Warul Walidin mengatakan, pada tahun akademik 2022/2023 UIN Ar-Raniry akan menerima sebanyak 5.140 calon mahasiswa baru.

Menurutnya, UIN Ar-Raniry memiliki sejumlah fakultas dan program studi, beberapa di antaranya secara berturut-turut menjadi prodi favorit ditingkat nasional, seperti prodi Hukum Ekonomi Syariah dan Ekonomi dan Perbankan Syariah, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, serta sejumlah program studi lainnya.

Selain itu, Uang Kuliah Tunggal (UKT) di UIN Ar-Raniry tergolong sangat murah di seluruh Indonesia. Dari jumlah ambang batas yang telah ditetapkan oleh pemerintah, UKT UIN Ar-Raniry untuk kategori paling rendah 400 ribu per semesternya.

Warul menyatakan, tidak ada perbedaan besaran UKT disetiap jalur di UIN Ar-Raniry, baik jalur nasional maupun jalur PMB Lokal. Sementara untuk besaran UKT, tergantung pada prodi dan kemampuan orang tua.

Lima Jalur Pendaftaran

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry, Mirwan Fasta mengatakan, sosialisasi yang dilakukan tersebut dalam rangka memotivasi para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke tahap lebih lanjut.

Di Abdya, sosialisasi berlangsung Aula Cabang Dinas Pendidikan setempat yang dihadiri perwakilan dari 23 sekolah SMA/SMK dan MA.

Mirwan menyampaikan, ada beberapa model sosialisasi yang dilakukan UIN Ar-Raniry, mulai dari media massa, media sosial serta hadir langsung untuk menjalin komunikasi langsung antara siswa dengan panitia.

“Sehingga calon mahasiswa baru mendapatkan informasi sesuai dengan yang dibutuhkan,” sambungnya.

Seleksi masuk UIN Ar-Raniry Banda Aceh dilakukan melalui lima jalur pendaftaran, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan penerimaan mahasiswa baru (PMB) lokal UIN Ar-Raniry.

Tata cata dan jadwal pendaftaran dapat dilihat pada brosur atau pengumuman pada website resmi UIN Ar-Raniry. Hubungi: 0823 7034 0228 dan 0823 7080 4528. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.