STAIN Meulaboh Terima 1020 Calon Mahasiswa Baru Tahun 2022

oleh -180 views
STAIN Meulaboh Terima 1020 Calon Mahasiswa Baru Tahun 2022
Foto: Tangkapan layar Youtube STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

BASAJAN.NET, Meulaboh- Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, mulai membuka pendaftaran penerimaan calon mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023. Adapun calon mahasiswa yang diterima untuk tahun ini berjumlah 1020 orang.

Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Mukhsinuddin Senin, 7 Februari 2022 mengatakan, keseluruhan mahasiswa akan diterima melalui tiga jalur pendaftaran, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan jalur Mandiri. 

Mukhsinuddin menyebutkan, jalur SPAN-PTKIN dimulai dengan pengisian dan verifikasi data dari sekolah (PDSS) terlebih dahulu, sejak 07 hingga 28 Februari 2022. Pendaftaran SPAN-PTKIN dapat dilakukan pada tanggal 04 sampai 31 Maret 2022.

Proses seleksi SPAN-PTKIN tahap I akan dilakukan pada 4-7 April 2022. Untuk seleksi tahap II dilakukan pada 09 sampai 11 April 2022. Pengumuman akan dilakukan pada 15 April 2022 dan pendaftaran ulang pada 18 sampai 29 April 2022.

Mukhsinuddin menjelaskan, SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Sekolah/madrasah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah sekolah/madrasah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh kepala sekolah/madrasah masing-masing.

“Karenanya, kami sangat berharap dukungan dan kerjasama dari pihak sekolah untuk mendaftarkan siswanya di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh melalui jalur SPAN-PTKIN,” ucap Mukhsinuddin, yang juga Ketua Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah. (FOTO; DOK. HUMAS STAIN MEULABOH).
Terakreditasi Institusi “Baik Sekali”

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Inayatillah menyebutkan, saat ini STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh telah mendapatkan status akreditasi “Baik Sekali” dari BAN-PT. Karenanya ia berharap, masyarakat tidak perlu ragu untuk memilih STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

“Karena dari standar pendidikan yang ada, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh memiliki kualitas yang sama bagusnya dengan kampus-kampus lain di Indonesia,” ucapnya.

Inayatillah melanjutkan, selain itu, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh juga telah memiliki 12 program studi yang berada di bawah tiga jurusan. Dari keseluruhan program studi yang ada, delapan di antaranya telah terakreditasi dengan status “B”, dan “Baik.

Adapun pilihan program studi yang tersedia yaitu, Jurusan Tarbiyah dan Keguruan: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Tadris Bahasa Inggris.

Pada Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, yaitu prodi Hukum Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Hukum Pidana Islam, dan Hukum Tata Negara.

Sedangkan pada Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam, yaitu Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pengembangan Masyarakat Islam dan Ilmu Al-quran dan Tafsir.

Informasi lebih lanjut tentang tatacara pendaftaran SPAN-PTKIN, dapat diakses melalui laman resmi SPAN-PTKIN.

Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Mukhsinuddin. (FOTO: DOK. PRIBADI).
UM-PTKIN dan Mandiri

Selain SPAN-PTKIN, seperti tahun sebelumnya, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh juga dilakukan melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan jalur Mandiri. 

Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) merupakan proses seleksi masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan PTN yang memiliki Izin Program Studi di bawah Kordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia di seluruh Indonesia.

UM-PTKIN merupakan pola seleksi melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Ujian dilaksanakan secara nasional oleh seluruh PTKIN dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan Menteri Agama Republik Indonesia.

“Pembiayaan penyelenggaraan UM-PTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia,” ujar Mukhsinuddin.

Pendaftaran/pembayaran UM-PTKIN mulai dibuka pada 25 April hingga 31 Mei 2022. Pelaksanaan ujian dilakukan pada 14 – 17 Juni 2022 dan pengumuman pada 30 Juni 2022. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, dapat melakukan pendaftaran ulang pada 1 – 8 Juli 2022. Info lengkap dapat diakses pada laman UM-PTKIN.

“Baik jalur SPAN maupun UM-PTKIN, akan dilaksanakan secara online oleh panitia nasional dan diumumkan di laman masing-masing jalur,” terang Mukhsinuddin.

Sedangkan untuk jalur Mandiri, calon mahasiswa baru dapat mendaftarkan diri pada panitia lokal STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Pendaftaran akan dibuka pada 20 Juni hingga 30 Juli 2022. Ujian tulis dilaksanakan 3-4 Agustus 2022 dan pengumuman pada 9 Agustus 2022. Pendaftaran ulang, 9 – 16 Agustus 2022.

Mukhsinuddin menyampaikan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi tentang pendaftaran calon mahasiswa baru STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, dapat menghubungi panitia pelaksana setiap hari kerja di gedung kampus Alue Peunyareng, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat. Dapat juga mengakses laman website STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.