Rajab Momentum Satukan Umat

oleh -213 views
IMG 20190317 WA0040

BASAJAN.Net, Meulaboh- Komunitas Peduli Islam Barat Selatan Aceh mengadakan tabligh akbar memperingati Isra’ Mi’raj. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Olah Raga dan Seni (GOS) Aceh Barat, Minggu 17 Maret 2019, tersebut dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai kalangan.

Ketua Panitia, Abbas Abdullah mengatakan, acara bertajuk meneladani kepemimpinan Rasulullah ini bertujuan untuk menyiarkan syiar-syiar Islam sebagai sebuah motivasi agar kaum muslim tidak tercerai-berai.

Loading...

“Persatuan dan kesatuan ini dibutuhkan untuk membela Islam. Selain itu agenda bulan Rajab ini adalah untuk memperingati momentum Isra Mi’raj Rasulullah,” ujarnya.

Sementara itu, Ibnu Hajar yang tampil sebagai orator pada kegiatan tersebut menjelaskan, ada nilai yang dapat diambil dari peristiwa Isra Mi’raj. Pertama, rasa kasih sayang Rasulullah terhadap umatnya dengan meminta kepada Allah keringanan dalam jumlah rakaat salat. Kedua, Rasulullah sebagai pemimpin umat Islam mau menerima gagasan dan masukan dari sahabat.

“Rasulullah seorang pemimpin, seorang Rasul, tetapi ketika ada masukan yang baik, gagasan yang benar, Rasulullah dengan lapang dada menerimanya”, terangnya.

Kemuliaan bulan Rajab juga disampaikan Hasan, orator lainnya. Rajab merupakan bulan yang dimuliakan Allah dan Rasul. Di bulan ini menjadi momentum hijrahnya Rasulullah pada tahun kelima kenabian, pertemuan dengan kaum anshar dan tegaknya Negara Islam di Madinah.

“Ketika Islam ditegakkan di tengah-tengah umat manusia, maka kemuliaan Islam dan darah, harta dan nyawa kaum muslim akan dijaga,” paparnya.

Menurut Hasan, Rasulullah harus menjadi contoh solusi keumatan hari ini. Baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maupun dalam penerapkan syariat Islam.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *