PTKIN Harus Jadi Produsen Ilmu Pengetahuan

oleh -189 views
NAT UINAR DIRJEN PENDIS 03

BASAJAN.Net, Banda Aceh – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kamaruddin Amin memberikan pengarahan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Sidang Rektor tersebut turut dihadiri oleh para pimpinan kampus setempat, Selasa, 9 April 2019.

Pada kesempatan itu, Dirjen Pendis Kemenag RI menyebutkan, setidaknya ada dua fungsi ASN di sebuah lembaga Perguruan Tinggi, khususnya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), yakni Perguruan Tinggi Harus menjadi Produsen Ilmu Pengetahuan.

Loading...

Dijelaskan, ASN di Perguruan Tinggi harus melakukan riset dan dapat memproduksikan ilmu-ilmu baru yang bisa dikonsumsi oleh khalayak umum, hal tersebut menjadi tugas setiap ASN di Kampus, khususnya para dosen.

“Kita adalah produsen ilmu pengetahuan untuk melahirkan ilmu-ilmu baru yang diterbitkan dan dapat dikonsumsi publik sampai nasional dan internasional, produsen ilmu pengetahuan ini tentu dilakukan secara masif, inilah yang menjadi ciri khas dan marwah perguruan tinggi,” ujarnya.

Kamaruddin Amin menambahkan, hal kedua bahwa selain dari tugas akademisi murni sebagaimana disebutkan di atas, fungsi lain adalah sebagai intelektual publik, dimana juga harus mengisi ruang-ruang publik.

“ASN sebagai instrumen Negara tentu dituntut hadir untuk mengisi ruang-ruang publik untuk bisa menyampaikan visi kebangsaan dan Negara Republik Indonesia, dalam konteks pendidikan dan keagamaan, tentu tidak mudah. Oleh sebab itu harus ada perencanaan, jika tidak maka akan diisi oleh orang lain yang belum tentu visinya sesuai dengan visi kebangsaan, keagamaan dan pendidikan Indonesia atau PTKIN kita,” ujar Kamaruddin.

Sementara itu Rektor UIN Ar-Raniry, Warul Walidin mengatakan, pertemuan tersebut merupakan yang sangat dinantikan oleh pimpinan UIN Ar-Raniry, dalam rangka memberikan pembinaan kepada ASN, khususnya di Lingkungan UIN Ar-Raniry.

Menurutnya, kehadiran Dirjen Pendis, Kamaruddin Amin ke UIN Ar-Raniry diharapkan dapat memberikan informasi dan semangat baru bagi ASN, khususnya pada tataran pimpinan untuk melahirkan program dan inovasi-inovasi baru dalam rangka pengembangan kampus UIN Ar-Raniry di masa mendatang.

Hal senada disampaikan Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan, Gunawan Adnan yang memoderatori kegiatan tersebut, menurutnya kehadiran Dirjen Kamaruddin bagaikan “durian runtuh” bagi UIN Ar-Raniry, banyak hal yang ingin didiskusikan oleh pimpinan dalam rangka pengembangan kampus di masa akan datang.

“Ini kesempatan yang sangat luar biasa, mengingat jadwal Dirjen yang sangat padat, kesempatan tersebut langsung digunakan dan mengundang para dekan, wakil dekan, serta turut dihadiri warek II, Syabuddin dan warek III, Saifullah,” kata Gunawan. []

 

EDITOR : RAHMAT TRISNAMAL

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *