Prodi MPI UIN Ar-Raniry Raih Akreditasi “A”

oleh -211 views
MPI FTK raih A

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, sukses meraih Akreditasi ‘A’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tahun 2020.

Prodi MPI UIN Ar-Raniry berhasil meraih peringkat Akreditasi ‘A’ dengan nilai 378. Hal itu sebagaimana tersebut dalam Surat Keputusan BAN-PT Nomor: 8048/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2020.

Loading...

“Nilai ini sangat memuaskan, karena merupakan nilai tertinggi dalam sejarah akreditasi UIN Ar-Raniry,” sebut Kepala Pusat APM Lembaga Penjaminan Mutu UIN Ar-Raniry,  Buhori Muslim, Sabtu, 12 Desember 2020.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, Muslim Razali mengaku bangga dengan kinerja tim prodi dan fakultas atas perolehan prestasi menggembirakan itu.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, M. Chalis mengatakan, pimpinan fakultas selalu mendukung dan menfasilitasi setiap kegiatan prodi termasuk akreditasi, yang merupakan ruhnya institusi pendidikan.

Ketua Prodi MPI UIN Ar-Raniry, Mumtazul Fikri menyampaikan, persiapan akreditasi ini telah dilakukan sejak 2018 dan diajukan melalui SAPTO BAN-PT pada tahun 2019. Asesmen lapangan baru dilakukan pada tanggal 2-3 Desember 2020 secara Daring.

Mumtaz menambahkan, selama proses akreditasi tersebut, Prodi MPI harus melengkapi sejumlah bukti fisik yang diminta kedua asesor BAN-PT yaitu, Syamsun Niam dari IAIN Tulungagung dan Muhammad Zuhdi dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ia mengatakan, selama proses akreditasi, Prodi MPI selalu didampingi oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Ar-Raniry dan Gugus Penjaminan Mutu Pendidikan (GPMP) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, melalui pendampingan asesor internal.

Mumtaz menyebutkan, hasil Akreditasi ini merupakan hasil kerjasama dan kolaborasi yang sangat baik dari semua pihak, mulai dari pimpinan di tingkat rektorat dan fakultas, program studi, dosen prodi, tenaga kependidikan, stakeholder, alumni hingga mahasiswa.

“Semoga ke depan, Manajemen Pendidikan Islam dapat menjadi prodi unggulan di UIN Ar-Raniry dan peringkat Akreditasi ini dapat dipertahankan,” pungkas Mumtaz. []

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *