PPK Pemilu 2024 di Aceh Barat Resmi Dilantik

oleh -25 views
PPK Pemilu serentak 2024 di Aceh Barat resmi dilantik, Rabu 4 Januari 2023. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Aceh Barat pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 resmi dilantik. Pelantikan yang dilakukan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat tersebut berlangsung di di Eva Sky Hotel, Rabu 4 Januari 2024.

Ketua KIP Aceh Barat, T Novian Nukman menyebutkan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilantik sebanyak 60 putra-putri terbaik Aceh Barat yang telah lulus berbagai tahapan seleksi.

 Novian menjelaskan, proses pendaftaran PPK untuk Pemilu Tahun 2024 ini dilakukan secara online melalui aplikasi SIAKBA yang telah disiapkan KPU RI.

Pada rekrutmen kali ini tercatat total sebanyak 1.033 pendaftar yang mengakses SIAKBA, dan dari angka tersebut, sebanyak 445 orang dinyatakan lulus administrasi dan 588 orang tidak lulus administrasi. Sementara itu yang lulus ujian computer assisted test (CAT) sebanyak 190 orang dan 255 orang lainnya tidak lulus.

Novian menjelaskan pada seleksi wawancara yang merupakan tahapan akhir seleksi, ditetapkanlah sebanyak 60 orang, dan masing-masing kecamatan akan ditempatkan 5 orang

“Mereka yang dilantik adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan,” tegasnya.

Ia berharap, kerjasama antar stakeholder dapat berjalan dengan baik demi suksesnya pesta demokrasi tersebut. 

Menurut Novian, dukungan para pemangku kebijakan di Kabupaten Aceh Barat sangat dibutuhkan untuk menciptakan pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil sebagaimana asas pemilu yang diamanatkan undang-undang.

“Pada dasarnya kendala dan permasalahan dilapangan pasti ada. Namun akan lebih mudah diselesaikan kalau dihadapi secara bersama-sama,” tambahnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Mahdi Effendi mengapresiasi proses rekrutmen PPK yang dianggap telah merepresentasikan pemilu yang jujur, bersih dan berintegritas. 

Menurut Mahdi yang juga mantan Kepala Kesbangpol Provinsi Aceh tersebut, KIP Aceh Barat telah maksimal dalam upaya menjaring putra-putri terbaik daerah secara transparan.

Diakhir sambutannya, Mahdi berpesan untuk seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Aceh Barat untuk bersama-sama mensukseskan pemilu serentak 2024 mendatang.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.