Perpustakaan UIN Ar-Raniry Raih Akreditasi A

oleh -199 views
UIN pustaka
Rektor UIN Ar-Raniry, Warul Walidin AK, menyerahkan cindramata kepada ketua tim asesor LAP-PT Perpustakaan Nasional RI, Plt. Direktur Direktorat Standardisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional RI Supriyanto, saat visitasi UPT. Perpustakaan kampus tersebut, Sabtu, 5 November 2020. (BASAJAN.NET/NAT RIWAT).

BASAJAN.NET, Banda Aceh- UPT. Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, meraih akreditasi “A” dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi (LAP-PT) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan LAP-PT Perpustakaan Nasional RI, Nomor: 0186/LAP.PT/XI//2020 berlaku sejak tanggal 10 November 2020 sampai dengan 10 November 2025.

Loading...

Kepala UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Syarwan Ahmad menjelaskan, Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh telah diakreditasi dua kali. Sebelumnya, pada tahun 2015 memperoleh akreditasi “B” dan pada tahun 2020 mampu meraih akreditasi “A”.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur. Setelah dilakukan visitasi langsung pada 5-7 November 2020 lalu, akhirnya kita mendapat akreditasi A,” ucap Syarwan, usai menerima sertifikat akreditasi, Rabu, 16 Desember 2020.

Alumni McGill University Canada itu mengatakan, berdasarkan hasil penilaian asesor ketika proses visitasi, apa yang telah dilaksanakan UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry selama ini, sudah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi yang ditetapkan Perpustakaan Nasional RI.

Syarwan menyampaikan, mulai dari koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan.

Kemudian penyelenggaraan perpustakaan, pengelolaan perpustakaan, hingga UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry, telah memenuhi standar-standar yang ditetapkan.

Adapun standar dimaksud sebagaimana termuat dalam Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2017, tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Syarwan mengatakan, saat ini, UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry telah menerapkan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi menggunakan Radio Frequency Identification (RFID). Termasuk layanan peminjaman mandiri, layanan pengembalian mandiri, pengelolaan database dan akses informasi ke sumber online.

Saat ini, UIN Ar-Raniry memiliki 13 tenaga fungsional pustakawan dan tiga tenaga administrasi. Adapun jumlah koleksi, mencapai 39 ribu judul. Sedangkan gedung, memiliki luas 4000m2, juga tersedia Arun Corner, Arab Corner dan Aceh Corner, serta sistem repositori institusi.

Syarwan berharap, ke depan UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry menjadi tempat rujukan untuk referensi dan penelusuran informasi, berdiskusi dan mengerjakan tugas-tugas akademik yang nyaman dan menyenangkan.
Ia berkomitmen untuk menjaga kecukupan dan kesesuaian koleksi dengan kebutuhan pengguna. Tersedianya fasilitas memadai dan pustakawan-pustakawan yang berilmu, terampil dan murah senyum.

Visitasi dilakukan secara langsung oleh tim asesor LAP-PT Perpustakaan Nasional RI, yaitu Plt. Direktur Direktorat Standardisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional RI, Supriyanto, Asesor LAP-N Perpustakaan Nasional RI, Agus Rifai dan Pustakawan Ahli Muda Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Irsyad Alfatih. []

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *