Parasite Film Non Inggris Pertama yang Menangkan Oscar

oleh -210 views
Parasite
FOTO: INDIEWIRE

BASAJAN.NET, Meulaboh- Parasite mencatat sejarah di dunia perfilman dunia, setelah meraih penghargaan best picture pada penganugerahan Oscar 2020. Parasite menjadi film berbahasa non-Inggris pertama yang memenangkan peghargaan Academy Awards paling bergengsi itu, Senin, 10 Februari 2020.

Film Korea garapan sutradara Bong Joon-ho itu, menceritakan tentang keluarga berpenghasilan rendah yang menginfiltrasi rumah tangga kaya. Film dengan genre drama komedi ini mengisahkan tentang Gi Taek (Song Kang Ho) dan keluarganya yang pengangguran.

Loading...

Gi Taek tinggal bersama istrinya, Choong Sook (Jang Hye Jin), anak laki-lakinya Ki Woo (Choi Woo Shik) dan anak perempuan Ki Jung (Park So Dam), di sebuah apartemen semi basement yang lembab dan dipenuhi serangga di daerah berpenghasilan rendah yang ada di Seoul.

Suatu hari, Ki Woo membawa temannya, Min Hyuk (Park Seo Joon) dan minum-minum bersama. Ki Woo juga mengetahui bahwa Min Hyuk akan belajar ke luar negeri dan dia akan meninggalkan pekerjaannya sebagai tutor pribadi yang memiliki gaji tinggi. Min Hyuk ingin Ki Woo mengambil alih pekerjaannya sebagai tutor sementara, selama dia berada di luar negeri untuk belajar.

Akhirnya, Ki Woo mulai bekerja sebagai tutor untuk anak perempuan dari keluarga kaya, yaitu anak dari tuan Park (Lee Sun Gyun) dan istrinya Yeon Gyo (Cho Yeo Jeong). Akhirnya, kedua keluarga ini memulai interaksi mereka dengan cara yang tidak terduga.

Parasite menjadi film kedua Bong Joon Ho yang masuk nominasi dalam ajang penghargaan Festival Film Cannes setelah Okja (2017), sekaligus mengantarkan Bong Joon Ho meraih penghargaan. Parasite memborong beberapa penghargaan sekaligus di Academy Awards atau Oscar 2020, mulai dari Skenario Asli Terbaik (Best Original Screenplay), Sutradara Terbaik, hingga Best Picture Internasional.

Dikutip dari situs Theverge, pada kategori Best Picture, Parasite berhasil mengalahkan nominasi lain seperti 1917, The Irishman, Jojo Rabbit Joker, Little Women, Wedding Story, Marriage Story, Once Upon a Time in Hollywood, serta Ford v Ferrari.  Secara keseluruhan, ada sebelas film berbahasa non-Inggris lainnya yang sebelumnya masuk nominasi Film Terbaik, di antaranya Roma, Amour, Babel, Crouching Tiger dan Hidden Dragon.

Parasite memulai premier internasionalnya dalam festival Cannes di Prancis. Dalam ajang itu pula, film tersebut mendapat penghargaan Palme d’Or, atau penghargaan tertinggi. Parasite adalah film berbahasa asing yang memenangkan kategori ini sejak 2003. Saat itu, penghargaan diraih Pedro Almodovar melalui filmnya Talk to Her.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *