Menag Akan Buka Pionir di UIN Ar-Raniry

oleh -213 views

Banda Aceh- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dijadwalkan akan membuka secara resmi Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) VIII di Lapangan Bola kaki Universiras Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Rabu 26 April 2017.

Rektor UIN Ar-Raniry Prof Farid Wajdi Ibrahim, MA pada konferensi pers di Banda Aceh, menjelaskan, PIONIR merupakan ajang penyelenggaraan kompetisi keilmuan, olahraga, seni dan riset tingkat mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia.

PIONIR dilaksanakan secara multi-event yang bertujuan untuk memberikan pembinaan dan mencari bibit mahasiswa unggul baik dalam prestasi akademik maupun prestasi keolahragaan dan seni.

“Serta untuk memperkuat silaturrahmi antar perguruan tinggi keagamaan di lingkungan Kementerian Agama. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan dua tahun sekali,” ujar Farid.

Untuk seni, riset dan karya ilmiah, cabang yang diperlombakan yaitu debat  Bahasa  Arab  dan Inggris,  Musabaqah  Karya Ilmiah Alquran, syarhil, Musabaqah Tilawah Alquran, tahfidz, marawis, kaligrafi, lagu pop solo Islami, design busana muslim, puitisasi Alquran, dan karya tulis.

Cabang olahraga yang diperlombakan yaitu futsal,  volley  ball,  tenis  meja,  bulu  tangkis,  catur, panjat tebing, takraw dan pencak silat, panjat tebing, dan sepak bola.

“Ini adalah even terbesar yang akan diselenggarakan UIN Ar-Raniry sebagai kampus ‘jantong hate’ (jantung hati) masyarakat Aceh.  Kesuksesan acara ini akan memberikan kesan baik bagi Aceh khususnya,” ujar Rektor.[]

Sumber: Antara

Editor: Junaidi Mulieng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *