Lima Tanda Nomor WhatsApp Kamu Diblokir

oleh -2.073 views
ILUSTRASI WHATSAPP. FOTO: ALBERTHBQ/PIXABAY

BASAJAN.NET, Meulaboh- Saat ini, aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki berbagai macam fitur untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna. Salah satu fiturnya adalah memblokir nomor pengguna lain.

Hadirnya fitur blokir ini akan memberikan keleluasaan privasi lebih kepada pengguna. Dengan fitur ini, pengguna bisa memutus hubungan komunikasi pesan, telepon, hingga video call WhatsApp dengan pengguna lain.

Loading...

Penggunaan fitur ini biasanya dilakukan, karena adanya pesen-pesan mengganggu yang tak diinginkan oleh pengguna. Orang yang diblokir tidak akan bisa menghubungi si pengguna lewat WathsApp. Fitur ini juga dapat membantu pengguna terhindar dari penipuan.

Untuk memblokir nomor WhatsApp seseorang, cukup mudah. Pertama, pengguna hanya perlu membuka tab pesan nomor yang ingin diblokir. Kedua, tekan ikon titik tiga di pojok kanan atas, kemudian pilih ‘more’, lalu ‘block’.

Selanjutnya, pengguna akan dikasih opsi untuk langsung mem-block atau melaporkan (report) nomor tersebut. Pilihan report ini akan memberikan input kepada WhatsApp untuk menyelidik akun-akun yang dianggap melanggar kebijakan mereka.

Tidak ada pemberitahuan atau notifikasi kepada pengguna ketika mereka diblokir oleh pengguna lain.

“Kami sengaja membuat ini untuk melindungi privasi Anda, ketika Anda memblokir seseorang. Karenanya, kami tidak dapat memberi tahu Anda jika Anda diblokir oleh orang lain,” tulis WhatsApp, dalam blog resminya, sepeeti dilansir Kumparan, Kamis, 23 Januari 2020.

Namun, setidaknya ada lima tanda yang mengindentifkasi jika nomor WhatsApp anda diblokir oleh pengguna lain.

Tidak bisa melihat kontak

Pengguna yang diblokir tidak lagi dapat melihat tanda ‘Last Seen’ dan ‘online’ di jendela kontak yang memblokir.

Tidak bisa melihat foto profil

Pengguna tidak akan bisa melihat pembaruan pada foto profil kontak yang memblokir.

Tanda centang satu

Ketika pengguna mengirimkan pesan ke nomor tersebut, maka pesan itu akan selalu ditandai dengan tanda centang satu. Pesan apa pun yang dikirim ke kontak yang telah memblokir akan selalu menunjukkan tanda centang satu dan tidak pernah menunjukkan tanda centang dua alias terkirim. 

Tidak bisa terima pesan dan panggilan

Pengguna tidak akan bisa menerima pesan, panggilan suara, hingga panggilan video, dari nomor yang diblokir.

Tidak bisa ditambahkan ke grup

Pengguna juga tidak bisa dimasukkan ke dalam grup yang dibuat oleh pengguna yang memblokirnya. Ketika pengguna ingin memasukkan nomor kontak yang memblokirnya, WhatsApp akan menampilkan pesan kesalahan “You are not authorized to add this contact“.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *