Lifter Aceh Rebut Dua Medali SEA Games Kamboja

oleh -127 views
Keterangan Foto | Kiri: foto bersama M. Zul Ilmi dan Nurul Akmal dengan T. Rayuan Sukma. Kanan: foto bersama Ketua Umum dan Wakil Ketua KONI Aceh dengan M. Zul Ilmi usai pengalungan medali. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Phnom Penh – Lifter asal Aceh yang bergabung dalam tim nasional (Timnas) Indonesia berhasil merebut dua medali perak cabang angkat besi di ajang SEA Games 2023 Kamboja.

Kedua medali tersebut didapatkan oleh lifter binaan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh, yaitu M. Zul Ilmi (Kelas 89 kg Putra) dan Nurul Akmal (kelas  +71 kg Putri). 

Bertanding di Taekwondo Hall, Olympic Complex, Phnom Penh, Selasa 16 Mei 2023, kedua atlet peraih medali emas PON XX tahun 2021 Papua tampil percaya diri.

“Alhamdulillah, dari dua atlet Aceh yang tergabung dalam Timnas Angkat Besi Indonesia, keduanya berhasil merebut medali,” kata Ketua Umum KONI Aceh, Kamaruddin Abu Bakar.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Aceh, T. Rayuan menjelaskan, M. Zul Ilmi hanya mampu mengangkat Snatch dengan 145kg. 

Saingan terberatnya adalah Quoc Toan Nguyen asal Vietnam. Tidak hanya unggul dari seluruh peserta, ia juga mampu memecahkan rekor SEA Games sebelumnya (150 kg) dengan angkat 155 kg. 

“Pada angkatan Clean & Jerk, Zul Ilmi mengangkat 183 kg. Sedangkan atlet Vietnam kembali pecahkan rekor Clean & Jerk SEA Games dengan angkatan 190 kg,” jelas T. Rayuan. 

Dengan hasil itu, Zul Ilmi, lifter kelahiran 1996 asal Aceh Besar itu menempati posisi kedua, atau medali perak. 

Sementara Nurul Akmal mencatatkan Snatch dengan angka 115kg sebagaimana saat Olimpiade Tokyo 2020.  Pesaing terdekatnya adalah atlet Thailand Duangaksorn Chaidee yang mampu mengangkat Snatch 122 kg. 

Pada Clean & Jerk Nurul mampu mengangkat 148 kg. Ia gagal menyalip ketika berusaha mengangkat 156 kg. Sedangkan lawannya atlet Thailand mampu mencatatkan 148 kg. Total angkatan Duangaksorn Chaidee 270 kg dan menjadi juara, sedangkan Nurul Akmal menempati peringkat kedua dengan total 263kg.

Ketua Pelatda KONI Aceh Tahun 2023, Bahctiar Hasan mengatakan, Zul Ilmi dan Nurul Akmal sudah berusaha maksimal, dan mampu membuat persaingan ketat. Ini adalah capaian yang luar biasa.

M. Zul Ilmi dan Nurul Akmal merupakan atlet angkat besi andalan Aceh yang dipersiapkan untuk mengikuti berbagai ajang, khususnya menuju PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.