Jurnal Community UTU Terakreditasi Sinta 4

oleh -437 views
IMG 20200530 054649 compress19
Logo Sinta peringkat 4

BASAJAN.NET, Meulaboh – Jurnal Community Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar (FISIP UTU), untuk pertama kali memperoleh akreditasi versi Science and Technology Index (SINTA) peringkat 4 Periode I Tahun 2020.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Nomor B/804/E5/E5.2.1/2019, tanggal 03 April 2020.

Loading...

Koordinator Pusat Pengembangan Jurnal Ilmiah UTU, Nodi Marefanda menyampaikan, dengan keluarnya hasil akreditasi Jurnal Prodi Sosiologi, kini UTU telah memiliki 14 Open Jurnal System (OJS) yang terakreditasi, dengan perolehan beragam peringkat Sinta 4, 5 dan 6.

“Kita bersyukur kali ini Jurnal Community bisa meraih peringkat Sinta 4 pada pengajuan akreditasi pertamanya. Semoga langkah tersebut bisa diikuti oleh 9 jurnal lainnya yang akan melakukan akreditasi,” ujarnya. 

Nodi mengatakan, ada tiga hal yang menjadi indikator utama dan tambahan pada penilaian OJS. Pertama, manajemen atau tata pengelolaan rumah jurnal mulai dari tata letak, hingga pengaturan tampilan lainnya, didesain semenarik mungkin. 

Kedua, substansi komposisi tulisan dengan pertimbangan penulis luar persentase 60 persen dan penulis dalam 40 persen. Akan semakin baik bila penulis luar 70 persen dan penulis dalam 30 persen.

Ketiga, jurnal yang dikelola mulai dari Submit hingga Publish menggunakan mekanisme OJS.

“Ketiga indikator tersebut harus benar-benar disiapkan untuk pengajuan akreditasi. Kami dari tim pengelola pusat, selalu siap apabila pengelola di tingkat prodi mengalami kesulitan pada sistem OJS,” tambah Nodi.

Sementara itu, Editor In Chief Jurnal Community, Triyanto menuturkan, ini merupakan kali pertama akreditasi Jurnal Community diusulkan.

Ia mengatakan, Sinta 4 tidak diperoleh secara mudah dan butuh perjuangan panjang. Kendala utama yang dihadapi tim pengelola di antaranya, jumlah artikel untuk penerbitan.

“Namun, berkat kerjasama tim melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, simulasi sampai uji turnitin, akhirnya memperoleh Sinta peringkat 4,” tutur Triyanto.

Ia berharap, capaian akreditasi Jurnal Community dapat menjadi motivasi pengelola dan pimpinan kampus untuk  terus meningkatkan akreditasi hingga memperoleh hasil terbaik pada peringkat Sinta 3, 2 maupun 1.[]

 

WARTAWAN : NURKHALIS

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *