Guru Besar UIN Ar-Raniry Wakafkan 100 Judul Buku untuk Perpustakaan

oleh -39 views
Guru Besar UIN Ar-Raniry Wakafkan 100 Judul Buku untuk Perpustakaan
Guru Besar Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Syabuddin Gade mewakafkan 100 judul buku lebih kepada Perpustakaan kampus tersebut, Jumat, 8 April 2022. (BASAJAN.NET/NAT RIWAT).

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Guru Besar Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Syabuddin Gade mewakafkan 100 judul buku lebih kepada Perpustakaan kampus tersebut. Waqaf buku tersebut diterima langsung oleh Rektor Warul Walidin AK, di Gedung Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Jumat, 8 April 2022.

Syabuddin mengakatan, wakaf buku tersebut merupakan nazarnya kepada Allah dalam rangka meraih gelar guru besar di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Sebelumnya saya bernazar, apabila turun SK guru besar, maka akan mewakafkan buku dengan jumlah 100 judul lebih, dan syukur hari ini dapat saya tunaikannya,” ujarnya. Syabuddin memperoleh gelar profesor pada tahun 2021 lalu.

Selain buku, juga ada beberapa judul kitab. Keinginan ini lahir ketika melihat mahasiswa UIN Ar-Raniry terus bertambah dan selama ini kampus akan semakin bersinergi dengan dayah atau pesantren, sehingga banyak mahasiswa UIN Ar-Raniry yang berasal dari alumni dayah.

“Semoga buku dan kitab tersebut dapat dibaca dan dijadikan referensi bagi para dosen, mahasiswa dan segenap civitas akademika UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” pungkas Syabuddin.

Monumental dalam Pengembangan Ilmu

Rektor UIN Ar-Raniry, Warul Walidin AK menyampaikan apresiasi kepada Syabuddin yang telah mewakafkan buku dan kitab yang akan meningkatkan koleksi perpustakaan secara kualitatif maupun kuantitatif ke depan.

“Gerakan seperti ini sangat penting disyi’arkan, serta digalakkan oleh civitas akademika dan para ilmuan, sebab perpustakaan sebagai jendela ilmu dan sumber belajar untuk perguruan tinggi,” ujarnya.

Menurut Warul, aksi tersebut merupakan even yang sangat monumental dan bersejarah dalam pengembangan ilmu di masa mendatang, serta keteladanan di bidang ilmu dan khazanah peradaban.

“Semoga banyak para akademisi dan ilmuan di Aceh, khususnya di UIN Ar-Raniry untuk menyumbangkan atau mewakafkan buku-buku, kitab, kamus atau jurnal ilmiah kepada lembaga pendidikan seperti perpustakaan kampus UIN Ar-Raniry ini,” kata Warul.

Warul menambahkan, UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry saat ini telah terakreditasi “A” atau unggul secara nasional, sekaligus prestasi luar biasa sepanjang sejarah lahirnya kampus tersebut. Saat ini perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh memiliki 35.000 judul buku.

Pimpinan UIN Ar-Raniry terus berupaya mendukung dalam meningkatkan pelayanan perpustakaan di masa mendatang.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.