Guru Aceh Barat Dapat Pembinaan Quran

oleh -1.191 views
IMG 20191207 131620
Peserta Pelatihan Pembinaan BTQ bagi Pembina Rohis SMA/SMK Kabupaten Aceh Barat, Jumat 6 Desember 2019. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh – Sebagai upaya peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Aceh Barat, puluhan guru di daerah itu mendapatkan pelatihan pembinaan Baca Tulis Alquran (BTQ).

Pelatihan yang diikuti 30 pembina Rohani Islam (Rohis) SMA dan SMK Kabupaten Aceh Barat tersebut, diadakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) Kabupaten Aceh Barat.

Loading...

Ketua MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Aceh Barat, Jakfar mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru PAI dalam menguasai ilmu membaca dan menulis alquran dengan benar, serta mampu menerapkannya kepada siswa di sekolah.

Pelatihan yang berlangsung hingga 7 Desember 2019 tersebut, dibuka Kepala Bidang PAI Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Muntasyir di aula Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Barat, Jumat 6 Desember 2019.

Dalam sambutannya, Muntasyir mengatakan, kegiatan peningkatan kualitas dan mutu guru memang seharusnya dilakukan. Sebab, pendidikan merupakan interaksi antara guru dan siswa dalam menciptakan generasi penerus bangsa.

“Banyak komponen-komponen lainnya, tapi yang lebih utama adalah guru,” kata Muntasyir kepada peserta pelatihan.

Ia menambahkan, guru merupakan seorang pewaris. Artinya, di belakang guru ada siswa yang nantinya akan menggantikan peran seorang guru dalam mentransfer ilmu.

Menurutnya, Guru PAI berperan untuk memperbaiki akhlak. Tugas utama guru harus mampu mengembangkan, transfer ilmu pengetahuan dan transfer pendidikan kepada siswa dengan baik.[]

 

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *