Guru Pilar Utama Mutu Pendidikan

oleh -1.000 views
IMG 20191206 120526
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat, Ridwan Yahya saat membuka Workshop Pembinaan dan Pemberdayaan KKG dan MGMP PAI Kabupaten Aceh Barat, Kamis 5 Desember 2019. (BASAJAN.NET/RAHMAT TRISNAMAL)

BASAJAN.NET, Meulaboh- Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Aceh Barat, setidaknya ada tiga pilar yang harus dipenuhi, yaitu murid, guru dan dukungan masyarakat. Kita pilar tersebut harus saling mendukung dan menguatkan satu sama lain.

“Jika salah satu pilar tersebut tidak ada, maka mutu pendidikan tidak akan berjalan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat, Ridwan Yahya pada pembukaan Workshop Pembinaan dan Pemberdayaan KKG dan MGMP PAI, Kamis 5 Desember 2019, di aula Kankemenag Aceh Barat.

Loading...

Ridwan mengatakan, di antara tiga pilar tersebut, guru menjadi pilar utama dalam menentukan mutu pendidikan. Karenanya guru dituntut untuk memiliki intelektualitas, keterampilan, akhlak dan perilaku yang baik.

Ia mengingatkan, setiap guru harus senantiasa memedomani alquran dan hadits sebagai dasar referensi pengetahuan.

“Jangan membuang ayat alquran dari kehidupan. Apapun bisa kita lakukan, tapi Islam, alquran, dan hadits jangan dilupakan,” tegasnya di hadapan peserta workshop.

Kegiatan tersebut diikuti 30 peserta dari Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kabupaten Aceh Barat.
Kabid PAI Kanwil Kemenag Aceh, Muntasyir dalam materinya menyampaikan, guru merupakan seorang khalifah, pengganti orang-orang terdahulu dalam memimpin mencerdaskan generasi bangsa.

“Begitu juga halnya dengan tugas guru hari ini, kelak akan digantikan oleh siswa selaku generasi penerus,” ujarnya.

Ia mengatakan, tujuan dan fungsi guru untuk melahirkan generasi berkualitas tanpa mengedepankan peran, namun fungsi. Terlebih di era revolusi industri 4.0, teknologi menjadi salah satu media untuk mempermudah guru dalam menyampaikan knowledge (pengetahuan).

“Gunakan teknologi sesuai kebutuhan dan bermanfaat, ajaknya.[]

WARTAWAN: RAHMAT TRISNAMAL
EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *