Dosen Teknik UTU Sosialisasi Penerapan Konsep Gedung Hijau di Sekolah

oleh -193 views
Dosen Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (UTU) melakukan sosialisasi green building concept di SD IT Meulaboh, Selasa, 8 Juni 2021. (BASAJAN.NET/DOK.UTU).

BASAJAN.NET, Meulaboh- Dosen Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (UTU) bersama mahasiswa, melakukan sosialisasi penerapan konsep gedung hijau atau green building concept pada gedung sekolah, Selasa, 8 Juni 2021.

Kegiatan yang berlangsung di SD IT Teuku Umar Meulaboh ini merupakan rangkaian pengabdian berbasis riset yang didanai UTU. Salah satu skim dari dana hibah internal tahun anggaran 2021.

Ketua Tim, Dian Febrianti menyampaikan, pengabdian itu bertujuan agar pihak sekolah dapat menerapkan konsep green bulding atau bangunan ramah lingkungan pada gedung sekolah.

Menurutnya, penerapan konsep green building bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan memperbaiki kualitas lingkungan bagi pengguna gedung sekolah SD IT Meulaboh.

“Kami memaparkan tentang konsep green building pada gedung sekolah dan manfaat yang diterima dari penerapan green building pada gedung sekolah,” ujar Dian, didampingi koleganya Meylis Safriani dan Gaustama Putra.

Dian menambahkan, ada enam komponen utama dalam green bulding, yaitu ketepatan tapak bangunan yang terkait ketersediaan ruang terbuka hijau 30 persen.

Kemudian, indoor quality terkait kualitas udara dari ketersediaan ventilasi. Efisiensi energi, efisiensi air, manajemen building, dan terkahir siklus material. 

Dian berharap, SD IT Meulaboh dapat dijadikan contoh bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Aceh Barat, dengan penerapan konsep green building

“Sehingga konsep tersebut dapat dikembangkan di sekolah-sekolah lainnya,” ucapnya.

Kepala SD IT, Sri Hanum menyampaikan  terima kasih kepada tim UTU yang sudah menunjuk SD IT Meulaboh sebagai lokasi kegiatan.

“Semoga apa yang disampaikan  tim UTU, dapat dipahami dan diterapkan oleh para guru dan siswa,” harapnya. []

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.