DKP Aceh Barat Gagas Aplikasi “Mitra DKP”

oleh -48 views
DKP Aceh Barat Gagas Aplikasi “Mitra DKP”

BASAJAN.NET, Meulaboh- Guna memberikan informasi tepadu dan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Barat melakukan terobosan dengan mengembangkan aplikasi “Mitra DKP.”

Aplikasi berbasis android tersebut merupakan hasil inovasi yang dilakukan staff Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Barat, Shela Rahmita untuk memudahkan masyarakat, terutama nelayan.

Shela Rahmita mengatakan, aplikasi Mitra DKP digagas sebagai bentuk penyesuaian di Era Revolusi Industri 4.0 dan Era Society 5.0.

Melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat mengakses informasi secara cepat dan efektif seputar dunia kelautan dan perikanan.

Aplikasi “Mitra DKP” memiliki banyak fitur bermanfaat bagi masyarakat, seperti fitur konsultasi, yang dapat diakses dimana saja,

“Sehingga memudahkan masyarakat untuk mengurus keperluannya, terutama para nelayan,” ujar Shela, Kamis, 09 November 2023.

Shela menuturkan, fitur yang disediakan dalam aplikasi Mitra DKP tergolong lengkap dan up-to-date. Mulai dari informasi pakan, budidaya, pengurusan Sertifikasi Cara Budidaya Ikan Yang Baik (CBIB)/Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB), hingga bisa mengurus surat rekomendasi subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) kapal para nelayan.

Menurutnya, selama ini DKP Aceh Barat dalam melayani masyarakat untuk membuat rekomendasi subsidi BBM kapal, masih secara manual.

“Jadi memakan waktu yang lama, sekitar dua atau tiga hari sehingga berdampak pada pendapatan para nelayan,” jelasnya.

Shela menyampaikan, aplikasi “Mitra DKP” yang dia rancang mampu memudahkan pelayanan birokrasi. Masyarakat tidak harus bolak-balik ke kantor DKP. Bisa menghemat biaya transportasi dan fotocopy.

“Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan konsultasi tentang kelautan dan perikanan dimana saja tanpa dipungut biaya,” tambahnya.

Aplikasi “Mitra DKP” dikembangkan Shela Rahmita bersama programmer dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar (UTU).

Aplikasi tersebut didaftarkan dalam perlombaan Anugerah Inovasi Daerah yang diadakan Bappeda Aceh Barat.

“Harapan saya, ini menjadi sebuah terobosan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Aceh Barat,” harap Shela.[]

======================

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.