Stand Cagar Budaya Aceh Barat Paling Diminati Pengunjung

oleh -55 views
Siswa sekolah dasar menikmati berbagai pemeran di stand cagar budaya Aceh Barat, Kamis 9 November 2023. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA)

BASAJAN.NET, Banda Aceh- Kamis, 8 November 2023, terlihat masyarakat Aceh dari berbagai daerah begitu antusias menikmati pertunjukan dan pameran pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 8 di Taman Ratu Safiatuddin.

Seperti di stand pameran Cagar Budaya Jalur Rempah Anjungan Kabupaten Aceh Barat, menjadi stand paling diminati pengunjung. 

“Sejak hari pertama hingga hari ini mencapai 7.300 orang yang singgah di stand cagar budaya Aceh Barat,” kata Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Aceh Barat, Rahmad Syah Putra, Kamis 9 November 2023.

Menurutnya, jika dikalkulasikan, pengunjung stand cagar budaya Aceh Barat mencapai 1.000-1.500 pengunjung perhari. Pengunjung yang didominasi kalangan siswa itu ingin mencari tahu lebih dekat tentang cagar budaya Jalur Rempah Aceh Barat masa lalu.

Pengunjung stan cagar budaya Aceh Barat, Mutia mengungkapkan, yang menjadi daya tarik siswa untuk mengunjungi stand anjungan Aceh Barat karena menyajikan berbagai bentuk cagar budaya Jalur Rempah Aceh Barat masa lalu. 

Seperti beragam bukti sejarah perdagangan Naskah, Faktur Kwitansi Penjualan, Keramologika (Keramik Lama), Numismatika (Mata Uang), Wastra, hingga Perang dan berbagai bentuk senjata yang digunakan masa lalu.

Selain itu, para siswa juga semakin antusias, karena mendapat hadiah berupa totebag jika mampu menjawab pertanyaan dari Petugas Anjungan.

Sementara itu, Guru SMP Negeri 4 Banda Aceh, Annie mengatakan, tujuan mengajak para siswa berkunjung ke pameran untuk menambah wawasan dan mengedukasi para siswa  agar mengenal sejarah masa lalu dan kejayaan Aceh.

Siswa-siswi terlihat antusias sambil membawa buku dan alat tulis untuk menulis apa saja benda-benda yang dipamerkan dalam anjungan Aceh Barat.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.