Cegah Stunting Mahasiswa UTU Lakukan KKN PPM di Aceh Jaya

oleh -47 views
Mahasiswa UTU Lakukan KKN PPM di Aceh Jaya
Cegah Stunting Mahasiswa UTU Lakukan KKN PPM di Aceh Jaya. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA).

BASAJAN.NET, Calang- Sebagai upaya untuk menurunkan angka stunting di Aceh, mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) melakukan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Kabupaten Aceh Jaya.

Rektor UTU, Ishak Hasan mengatakan, selain dalam rangka implementasi tridarma perguruan tinggi, KKN PPM merupakan bentuk komitmen dan sumbangsih nyata kampus dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Aceh Jaya.

“Khususnya memberikan sumbangsih di bidang sumber daya manusia, karena kampus merupakan pusat unggulan dalam mencetak SDM,” ujar Ishak saat melepas peserta KKN, di Aula Setdakab Aceh Jaya, Jumat, 22 Juli 2022.

Ishak menyampaikan, stunting yang terjadi di sebagian kalangan masyarakat, merupakan persoalan bersama dan harus dibenahi secara bersama-sama pula.

Karenanya, pemerintah daerah sebagai leading sektor, harus mendapat dukungan dari perguruan tinggi dalam memberikan edukasi informasi kepada masyarakat, tentang upaya pencegahan dan penurunan stunting.

“Kawasan Pantai Barat Selatan Aceh (BARSELA), termasuk Kabupaten Aceh Jaya, memiliki banyak jenis tanaman kelor sebagai salah satu bahan preventif stunting,” ungkapnya.

Untuk itu, Ishak berharap, mahasiswa KKN dan dosen pendamping lapangan dapat berkontribusi penuh dengan melakukan pendampingan secara ekstra kepada masyarakat.

Pada KKN PPM kali ini, UTU akan menempatkan 309 mahasiswa di gampong-gampong dalam enam kecamatan di Aceh Jaya, meliputi Kecamatan Pasie Raya, Panga, Krueng Sabe, Setia Bakti, Darul Hikmah, dan Sampoinet. Keseluruhan mahasiswa akan melakukan pengabdian hingga 21 Agustus 2022.

Harapkan Terobosan Baru

Sementara itu, Sekda Aceh Jaya, Mustafa menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada UTU karena telah memilih daerah itu sebagai lokasi pelaksanaan KKN PPM tahun 2022.

Ia berharap, dengan hadirnya mahasiswa UTU dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan partisipasi, sekaligus mensejahterakan masyarakat Aceh Jaya.

“Besar harapan kami, agar nantinya ada terobosan-terobosan baru dari mahasiswa dan dosen UTU terkait masalah yang ada dalam masyarakat,” ucapnya.

Mustafa mengatakan, pentingnya sinergitas dan kolaborasi, antara perguruan tinggi dan pemerintah daerah agar mampu memberikan alternatif kebijakan untuk mencegah dan menurunkan stunting di Kabupaten Aceh Jaya.

Dosen pendamping lapangan mahasiswa KKN PPM UTU, Said Fadhlain mengatakan, penempatan mahasiswa KKN UTU 2022 memiliki makna historis dan strategis.

Menurutnya, UTU sebagai “dapurnya” pemerintah daerah dalam upaya perpecepatan memajukan pembangunan ekonomi, yang bersinergi dan berkolaborasi pada tiga elemen penting yaitu, pendidikan, dunia usaha, dan pemerintah.

“Selain melanjutkan apa yang telah dilaksanakan pada KKN PPM UTU di Kecamatan Panga tahun 2013, juga sebagai katalisator bahwa UTU merupakan rumah kita,” katanya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.