Berbagi Pengalaman Selama Pandemi Guru SLB Aceh Terbitkan Buku

oleh -317 views
Buku Pandemi
Kadis Pendidikan Aceh, Rahmat Fitri HD memperlihatkan buku “Suara Mereka Disaat Pandemi Covid-19” yang ditulis para guru SLB Aceh. Peluncuran buku dilakukan secara online melalui aplikasi zoom, Selasa, 16 Juni 2020. (BASAJAN.NET/ISTIMEWA).

BASAJAN.NET, Banda Aceh– Sejumlah guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Luar Biasa (SLB) Aceh, menerbitkan buku “Suara Mereka Disaat Pandemi Covid-19”. Peluncuran buku tersebut dilakukan melalui konferensi video di aplikasi Zoom, Selasa, 16 Juni 2020.

Buku “Suara Mereka Disaat Pandemi Covid-19” merupakan kumpulan tulisan pengalaman guru Pendidikan Luar Biasa (PLB) saat melakukan proses belajar mengajar daring di saat Pandemi Covid-19. 

Loading...

Berbagai tantangan para guru PLB dalam kegiatan belajar mengajar terhadap siswa yang memiliki latar belakang berbeda dan berkebutuhan khusus, dituangkan dalam buku ini.

Ketua KKG SLB Aceh sekaligus inisiator, Lena Yanti menjelaskan, penulisan buku “Suara Mereka Disaat Pandemi Covid-19” untuk merekam berbagai pengalaman guru PLB di saat Covid-19 terjadi.

Ia mengatakan, Covid-19 tidak hanya menyentuh pada dunia kesehatan saja, tapi juga ekonomi, sosial, agama, hingga dunia pendidikan.  

Menurutnya, pengalihan aktivitas belajar mengajar dari tatap muka ke daring, tidak semua berjalan mulus sesuai harapan. Banyak tantangan yang ditemui, terutama anak-anak berkebutuhan khusus.

“Di kondisi normal saja, perlu perlakuan khusus apalagi saat seperti sekarang ini,” terang Lena. 

Ia menyampaikan terima kasih kepada para penulis yang telah ikut bergabung menuangkan ide dan pemikiran dalam buku itu. 

“Juga kepada Ikatan Guru Pendidikan Khusus (IGPKh) Indonesia Provinsi Aceh, yang telah mendukung penuh atas penerbitan karya ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Aceh, Rahmat Fitri HD, merasa bangga dan memberi apresiasi kepada para guru-guru “carong” yang telah mampu menghasilkan sebuah maha karya yang sangat luar biasa. 

Ia berharap, para guru, terutama guru PLB untuk terus berkarya dan membina generasi bangsa demi menyongsong masa depan. 

Buku yang di inisiasi oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Luar Biasa (SLB) Aceh ini ditulis oleh Lena Yanti, DM. Ria Hidayati, Zulfajra, Zora Fitriana, Wahyu Afriyola, Nurlinawati, Hera Mika Yulis, Idarmiati, Nurul Maulida Sari, Jamilah, Rena Meilani, Yossi Novianti, Rahmad Syah Putra, Saifan Irwan, Zubaidah dan Cut Intan Salasiyah.[]

 

EDITOR: JUNAIDI MULIENG

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *